100 CALON AKMIL DARI KODAM V/BRAWIJAYA
Selasa, 1 Juli 2008 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 4993
Home » Nasional » 100 CALON AKMIL DARI KODAM V/BRAWIJAYA
100 CALON AKMIL DARI KODAM V/BRAWIJAYA

             KODAM V/BRAWIJAYA (1/7) - 100 orang calon Taruna Akademi Militer dari wilayah Kodam V/Brawijaya, akan berangkat ke Bandung untuk mengikuti tes lanjutan tingkat pusat Catar Akmil TA 2008.

          Ketua sidang Panitia pemilihan daerah (Panlihda) calon Akmil Tahun 2007, Mayjen TNI Bambang Suranto, S.Sos pada Senin (30/6) memimpin Pantukhirda Jatim Calon Akmil 2008 dengan didampingi tim Pantukhir dari Mabes TNI AD, bertempat diaula Makodam V/Brawijaya.

          Ketua tim Pantukhir Mabes TNI AD Brigjen TNI N.G Sugiarta, juga terlihat ikut menyeleksi para peserta Pantukhirda Jatim, yang diikuti oleh  291 orang peserta calon Akmil, beserta Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI B.Sumarno dan para Komandan Korem sewilayah Kodam V/Brawijaya serta para Asisten Kasdam V/Brawijaya.

          291 orang peserta Pantukhirda daerah Kodam V/Brawijaya tersebut, merupakan peserta pilihan dari 2304 orang calon Akmil tahun 2008 se-Jatim yang sebelumnya ikut mendaftar sebagai Catar Akmil, dengan melalui beberapa tahapan tes yang sebelumnya diselenggarakan ditingkat daerah masing-masing, wilayah Korem jajaran Kodam V/Brawijaya.

          Dari animo awal yang terdata diberbagai sub panda penerimaan calon Akmil 2008, berjumlah 2304 orang calon, akan tetapi kebanyakan gugur dibidang kesehatan dan jasmani serta psikologi.

          Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Bambang Suranto, S.Sos menghimbau kepada para generasi muda Indonesia, apabila mempunyai niat untuk mengabdikan dirinya menjadi prajurit TNI, supaya mempersiapkan diri secara dini, terutama ditiga bidang tersebut (Kesehatan, Jasmani, Psikologi), dengan senantiasa rajin belajar dan berlatih, menjaga kesehatan dari segala penyakit, terutama menjauhkan diri dari bahayanya narkoba. Karena Pangdam yakin, pengguna narkoba tidak akan bisa diterima masuk sebagai prajurit TNI. Kalau hal-hal seperti yang dijelaskan Pangdam tadi dipatuhi dan dilaksanakan oleh para pemuda yang berkeinginan mengabdikan dirinya kepada bangsa dan negara, melalui lembaga TNI,  kemungkinan lolos dan diterima menjadi TNI  sangat besar.

          Untuk meluluskan calon Akmil 2008 secara obyektif, panitia memeriksa beberapa hal penting diantaranya, aspek administrasi, kesehatan, kesemaptaan jasmani maupun aspek wawancara. Nilai prestasi akhir yang bersangkutan sesuai dengan rankingnya, keseimbangan antara nilai prestasi akhir dengan norma sidang, juga dijadikan sebagai patokan. Postur tubuh juga menjadikan perhatian khusus para panitia: Lordoses, Kymposes, Scoliosis, Tapak kaki leper, Tubuh miring, Kaki ”O” atau ”X”, Varises, Perut buncit, Bagian lengan, bahu, pundak menonjol (Over latihan), Merongos, daun telinga tidak simetris, juling atau kelemahan lainnya, adalah bagian dari bahan pertimbangan panitia untuk menentukan lulus dan tidaknya peserta pantukhirda. Mempunyai semangat tinggi untuk menjadi TNI (Terampil/cekatan), reaksi cepat, tidak kaku, suara keras/jelas dan tidak gagap, mata dan pendengaran tajam, kemauan hati yang utuh bukan alternatif, juga sangat berpengaruh. Selain itu data pribadi dan pengetahuan umum, wawasan kebangsaan cukup, tidak apriori, adalah faktor yang bisa menentukan.         

          Dalam seleksi Pantukhirda Jatim calon Akmil 2008 yang berlangsung sangat ketat, dikarenakan kualitas peserta Pantukhirda rata-rata baik, akhirnya Panda Jatim mendapatkan 100 orang  terbaik dari yang baik calon Akmil tahun 2008 wilayah Kodam V/Brawijaya, yang terdiri dari IPA 86 orang, IPS 14 orang. Dan menurut rencana ke 100 calon Akmil tersebut akan dikirim kepusat untuk mengikuti seleksi tingkat Pusat.

Baca "Nasional" Lainnya

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

Panglima TNI Jendral Moeldoko

Pengumuman

Jum`at, 25 April 2014
Lelang Satkomlek TNI
Jum`at, 25 April 2014
Lelang Satkomlek TNI
Selasa, 22 April 2014
Pengumuman Lelang Pusdalops.
Selasa, 5 Februari 2013
Lambang Mabes TNI Yang Baru

Polling

Informasi apa yang paling Anda butuhkan dari website ini ?

 
AGENDA KEGIATAN
patriot
download
download
download
persyaratan
beasiswa
PSDP
LPSE
pendidikan

Video TNI