Dengan Netralitas TNI, Kodam IV/Dip Siap Sukseskan Pemilu 2009
Jum`at, 20 Februari 2009 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 1127
Home » Duka Cita » Dengan Netralitas TNI, Kodam IV/Dip Siap Sukseskan Pemilu 2009
Dengan Netralitas TNI, Kodam IV/Dip Siap Sukseskan Pemilu 2009

KODAM IV/DIPONEGORO (20/2) - Proses reformasi internal TNI, saat ini telah memasuki tahap‑tahap yang menentukan yaitu : tentang "netrallitas" TNI dalam politik, berkaitan dengan bisnis TNI, revisi Peradilan Militer, peningkatan profesionalisme prajurit, dan berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan prajurit dan PNS TNI beserta keluarganya.

Demikian disampaikan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Haryadi Soetanto dalam amanatnya saat membuka rangkaian kegiatan Rapat Pimpinan (Rapim) Kodam IV/Diponegoro yang dilaksanakan di Aula Markas Kodam IV/Diponegoro pada, Kamis (19/2).

Rapim Kodam IV/Diponegoro tahun 2009 kali ini mengambil tema "Dengan Netralitas TNI dan Kesiapsiagaan Operasional yang tinggi, Kodam IV/Diponegoro beserta seluruh jajarannya siap mengarnankan dan menyukseskan Pemilu Tahun 2009 di Wilayah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta". Dalam acara ini turut hadir Gubernur Jateng Bibit Waluyo, Kapolda Jateng Irjen Pol Alex Bambang Riatmojo, serta perwakilan dari pejabat KPUD. Kegiatan tahunan yang dihadiri tak kurang dari 99 Perwira Kodam IV/Diponegoro ini bertujuan untuk menyamakan visi dan persepsi sebagai landasan sikap, pemikiran dan tindakan bagi seluruh unsur pimpinan di satuan jajaran Kodam IV/ Diponegoro. Rapim ini juga, sekaligus merupakan wahana untuk menyampaikan petunjuk, serta kebijakan Pangdam IV/Diponegoro, sebagai penjabaran hasil Rapim TNI tahun 2009 dan Rapim TNI Angkatan Darat tahun 2009, yang dijadikan dasar dalam perumusan dan penyusunan Program Kerja di Satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro tahun 2009.

Secara khusus sasaran yang ingin dicapai dari dalam Rapim 2009 ini diantaranya adalah dipahaminya arah kebijakan Pangdam IV/Diponegoro dan prioritas sasaran kegiatan Program Kerja dan Anggaran Kodam IV/Diponegoro Tahun Anggaran 2009. Dipahaminya kelemahan dan kendala pada pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran Tahun Anggaran 2008 untuk tidak terjadi lagi pada Tahun Anggaran 2009. Serta dipahaminya pokok‑pokok pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran Tahun Anggaran 2009 guna mendukung keberhasilan tugas pokok Kodam IV/Diponegoro.

Pangdam dalam amanatnya menyampaikan bahwa, arah kebijakan dan program kerja yang disusun tersebut diharapkan dapat dijadikan pedoman oleh para pelaksana di lapangan untuk mengoptimalkan pencapaian hasil dari setiap pelaksanaan kegiatan, sehingga terhindar dari berbagai penyimpangan, pemborosan dan keterlambatan yang dapat merugikan satuan maupun merugikan institusi Angkatan Darat secara keseluruhan. “Tekad dan komitmen kita sudah jelas yaitu ingin membangun Kodam IV/Diponegoro sebagai organisasi militer modern yang profesional, solid, tangguh, berwawasan kebangsaan serta manunggal dengan rakyat,” tegasnya.

Kepada para peserta, Pangdam juga mengajak untuk manfaatkan forum dan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya sebagai wahana untuk menyampaikan masukan berupa ide, gagasan dan pemikiran-pemikiran cemerlang dari para perwira untuk memperbaiki, menata dan membangun Kodam IV/Diponegoro. “Ciptakanlah iklim kebersamaan sebagai wujud kesatuan komitmen yang sangat kita perlukan dalam memecahkan berbagai permasalahan, khususnya permasalahan internal yang kita hadapi,” tambahnya.

Disampaikan pula dalam kegiatan ini pokok‑pokok kebijakan TNI tahun 2009 yang perlu dipedomani adalah “Panca Tunggal Kebijakan”, yang meliputi : kebijakan pembinaan TNI, penggunaan kekuatan TNI, bidang kesejahteraan personel, bidang reformasi internal TNI dan kebijakan bidang tertib administrasi yang merupakan satu kesatuan yang terintegrasi, terkoordinasi dan simultan. Kelima kebijakan TNI tersebut, pada hakekatnya untuk mencapai "Catur Tunggal sasaran" yaitu : kesiapan operasi satuan, profesionalisme prajurit TNI, kesejahteraan prajurit, PNS TNI dan keluarganya dan tertib administrasi.

Lebih lanjut, dalam menyikapi kondisi geografi wilayah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta yang rawan gempa bumi, serta tingginya curah hujan dan naiknya permukaan laut Jawa maupun Samudera Indonesia karena dampak pemanasan global, maka bentuk penugasan prajurit Kodam IV/Diponegoro masih sangat diwarnai dengan tugas-tugas bantuan kemanusiaan, bantuan kepada pemerintah dan bantuan kepada kepolisian, serta instansi lainnya.

Disamping itu juga, dalam upaya mengamankan dan menyukseskan Agenda Nasional Pemilu 2009, Pangdam menggarisbawahi kembali penekanan Kepala Staf Angkatan Darat dan Panglima TNI, khususnya tentang Netralitas TNI. Komitmen dan ketegasan Kodam IV/Diponegoro dalam menjaga Netralitas TNI, guna mengamankan dan menyukseskan Pemilu 2009, merupakan tekad bersama segenap komponen bangsa. Tekad yang harus dipahami dan dilaksanakan oleh seluruh prajurit Kodam IV/Diponegoro. Tekad tersebut merupakan sumbangsih Kodam IV/Diponegoro sebagai bagian dari TNI untuk keselamatan bangsa.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo pada kesempatan ini menyampaikan ceramahnya tentang pembangunan wilayah Jawa Tengah yang berbasis pada pembangunan daerah pedesaan dan peran Kodam yang diharapkan dalam mendukung program beliau yang bertajuk “Bali Ndeso Mbangun Desa”.

Disisi lain Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Alex Bambang Riatmojo memberikan ceramah tentang hubungan kerja sama yang harmonis antara TNI dan Polri dalam rangka menyukseskan pelaksanaan pengamanan Pemilu 2009. Masih terkait dengan pelaksanaan Pemilu 2009, pejabat perwakilan dari KPUD Jateng juga berkesempatan menyampaikan materi tentang Pemilu yang jujur dan adil didukung dengan Netralitas TNI sebagai bagian dari suksesnya pelaksanaan Pemilu 2009.

Disamping itu, kegiatan juga diisi oleh beberapa pejabat teras Kodam IV/Diponegoro diantaranya, evaluasi pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran TA.2008, penyampaian temuan Wasrik yang menonjol TA. 2008 oleh Irdam IV/Diponegoro, penyampaian kebijakan dan garis besar Program dan Anggaran TA. 2009 masing‑masing Staf Umum oleh para Asisten Kodam IV/Dip.

Baca "Duka Cita" Lainnya

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

Panglima TNI Jendral Moeldoko

Pengumuman

Kamis, 10 Juli 2014
Pengumuman Lelang Pusdalops TNI
Selasa, 5 Februari 2013
Lambang Mabes TNI Yang Baru
Kamis, 31 Mei 2012
Call Center

Polling

Informasi apa yang paling Anda butuhkan dari website ini ?

 
AGENDA KEGIATAN
pendidikan
patriot
download
download
download
persyaratan
beasiswa
PSDP
LPSE
pendidikan

Video TNI