72c48fd458ce9e91857e30ed00aff432.jpg

BIOS 44 Solusi Tingkatkan Kesuburan Tanah

Kamis, 11 Januari 2018 14:50:14 - Oleh : admin - Dibaca : 61 kali

BIOS 44 Solusi Tingkatkan Kesuburan Tanah

Tugas pokok Tentara Nasional Indonesia adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Disaat kondisi negara dalam keadaan aman dan tidak dalam ancaman perang, maka TNI akan berperan membantu masyarakat dalam berbagai  bidang kehidupan. Salah satunya di bidang pertanian dimana beberapa waktu lalu ada temuan formula oleh anggota TNI untuk membantu penyuburan tanah sehingga dapat digunakan sebagai lahan pertanian yang cukup produktif. Temuan itu berupa formula BIOS 44 - Bio Struktur (Dekomposer Gambut) yaitu agen hayati pemercepat pembusukan material organik lahan gambut.

Untuk mempersiapkan anggota TNI di wilayah Kodam XVI/Pattimura sebagai agen atau pioner BIOS 44 maka digelar sosialisasi dan pelatihan selama tiga hari (10-12 Januari 2018) bertempat di Kompleks Makorem 151/Binaiya Ambon Maluku. Dengan narasumber disampaikan langsung oleh Ketua Tim Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.IP.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto mengatakan "Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Bios 44 adalah Bio Struktur (Dekomposer Gambut) merupakan agen hayati yang dapat mempercepat proses pembusukan material organik lahan gambut. Selain mengatasi kebakaran lahan gambut juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produktifitas hasil pertanian, perikanan, perkebunan, peternakan dan juga dapat menetralisasi limbah serta menyuburkan lahan bekas tambang," jelasnya.

Lanjutnya, mencermati pentingnya kegiatan ini, maka Pranoto sangat menyambut baik kedatangan Tim Sosialisasi yang akan memberikan Sosialisasi BIOS 44 kepada personel Kodam XVI/Pattimura dan Masyarakat.  "Saya berharap, kegiatan sosialisasi ini dapat berjalan dengan tertib dan lancar serta mencapai sasaran yang diinginkan. Karena itu, saya minta agar semua peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik," tukasnya.

Sosialisasi ini selain dihadiri personel Kodam XVI/Pattimura juga dihadiri kalangan sipil dari Dinas Kehutanan, Dinas Pertanian, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas ESDM, Dinas Sosial dari Provinsi Maluku, Kota Ambon dan Kabupaten Buru serta kalangan akademisi dari Universitas Pattimura Ambon, Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Universitas Darrusalam Ambon, serta Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan (STAKPn) Ambon dan FKPPI.

Panglima TNI bertekad membangun prajurit yang profesional, disiplin, militan dan rendah hati
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Senin, 22 Januari 2018
Danrem 174 Tiba di Agats Terkait Wabah Campak dan Busung Lapar
Senin, 22 Januari 2018
Danrem 174 Tiba di Agats Terkait Wabah Campak dan Gizi Buruk
Senin, 22 Januari 2018
Jalasenastri TNI AL Serahkan Bantuan Korban Campak dan Gizi Buruk di Asmat
Senin, 22 Januari 2018
Wabah Campak dan Gizi Buruk Melanda Warga, Danrem 174 Kunjungi Agats
Senin, 22 Januari 2018
Jalasenastri TNI AL Serahkan Bantuan Untuk Warga Asmat