72c48fd458ce9e91857e30ed00aff432.jpg

Kodim 0707/Wonosobo Siap Bantu Atasi Bencana

Jum`at, 12 Januari 2018 14:37:52 - Oleh : admin - Dibaca : 63 kali

Kodim 0707/Wonosobo Siap Bantu Atasi Bencana

 BMKG prediksikan puncak musim hujan terjadi di bulan Januari sampai Februari mendatang. Dengan intensitas tinggi, lebat dan durasi yang cukup lama. Curah hujan berkisar 400-500 mm/detik. Sehingga ini menjadi ancaman yang serius yang perlu diwasadai. Demikian dikatakan Kepala BPBD Kabupaten Wonosobo, Prayit, saat digelar Apel Kesiapsiagaan Banjir dan Longsor dan Angin Puting Beliung di halaman Kantor Camat Kalibawang, Kamis (11/1).

Bencana yang terjadi di Kabupaten Wonosobo di Tahun 2017 secara garis besar mengalami peningkatan. Titik rawan yang berpotensi bencana, menyeluruh di seluruh wilayah Kabupaten Wonosobo, sedangkan terkait puncak musim hujan saat ini menurut Prayit, wilayah yang paling rawan ada di 4 wilayah Kecamatan, yakni Wadaslintang, Kaliwiro, Kalibawang dan Kecamatan Kertek.

Prayit menyampaikan berbagai peringatan dini sudah dilakukan BPBD bekerjasama dengan BBMPG termasuk Vulcanologi dan BMKG. Dikatakannya Ada 2 kerjasama yang dilakukan, dari BBMPG kerjasama yang dilakukan yakni pantauan terkait pada vulkanik-vulkanik yang berpengaruh terhadap kegunungapian dengan situasi iklim. Sedangkan BMKG untuk memantau bagaimana curah hujan yang berpengaruh terhadap tingkat kemiringan pegunungan.

Maka dari itu menurutnya sinergitas semua unsur harus terus dibangun dan ditingkatkan.

Dikatakanya, sinergitas yang dibangun saat ini merupakan capaian bersama antara TNI, POLRI, Pemerintah dan Masyarakat. Hal tersebut terlihat sudah menunjukkan adanya peningkatan. Dimana pengetahuan tentang penanggulangan dan penanganan bencana adalah penting manakala semua hadir, baik lembaga Pemerintah, TNI, POLRI, Lembaga Swasta maupun Masyarakat itu sendiri. "Kehadiran semua unsur akan menjadi penting", katanya.

 

 

 

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Senin, 22 Januari 2018
Danrem 174 Tiba di Agats Terkait Wabah Campak dan Busung Lapar
Senin, 22 Januari 2018
Danrem 174 Tiba di Agats Terkait Wabah Campak dan Gizi Buruk
Senin, 22 Januari 2018
Jalasenastri TNI AL Serahkan Bantuan Korban Campak dan Gizi Buruk di Asmat
Senin, 22 Januari 2018
Wabah Campak dan Gizi Buruk Melanda Warga, Danrem 174 Kunjungi Agats
Senin, 22 Januari 2018
Jalasenastri TNI AL Serahkan Bantuan Untuk Warga Asmat