72c48fd458ce9e91857e30ed00aff432.jpg

Evakuasi Tenggelamnya KM. Sinar Kakap Akibat Ombak Setinggi 2 Meter Oleh Pos Pengamat TNI AL Muara Kubu Lantamal XII Pontianak

Senin, 15 Januari 2018 14:42:29 - Oleh : admin - Dibaca : 19 kali

Evakuasi Tenggelamnya KM. Sinar Kakap Akibat Ombak Setinggi 2 Meter Oleh Pos Pengamat TNI AL Muara Kubu Lantamal XII Pontianak

Pos Pengamat TNI AL (Posmat) Muara Kubu Lantamal XII Pontianak membantu evakuasi dan penyelamatan terhadap Kapal Motor (KM) SINAR KAKAP dikarenakan dalam perjalanan mengalami tenggelam di perairan Muara Kubu Kalimantan Barat.

Kapal KM. SINAR KAKAP merupakan kapal penangkap ikan dengan rute berlayar dari Pelabuhan Tanjung Satai Kabupaten Kayong Utara tujuan Pelabuhan Rasau Jaya Pontianak, dengan nomer regristasi No.400 HHE dan Gross Tonage (GT) kapal 21, pemilik kapal Bapak Tong Seng untuk Nahkoda Bapak Embut Kamil beserta 7 (Tujuh) orang Anak Buah Kapal (ABK). Dalam perjalanan di perairan Tanjung Kedah Muara Kubu Kapal diterpa ombak setinggi 2 meter disertai hujan lebat dan mengkibatkan air laut masuk kapal. Nahkoda kapal bersama dengan 7 (tujuh) orang ABK berusaha untuk menguras air yang masuk dalam kapal tapi tidak mengatasi, akhinya Kapal KM. SINAR KAKAP tenggelam.

Ditegaskan oleh Kadispen Lantamal XII Mayor Laut (E) Irawan T.B saat memperoleh keterangan dari Anggota Posal Muara Kubu Kopda Ttg Marinus bahwa pada pukul 00.30 Wib telah menerima informasi dari masyarakat sekitar bahwa KM. SINAR KAKAP mengalami kandas di perairan Muara Kubu. Pos Pengamat TNI AL (Posmat) Muara Kubu yang beranggotakan satu orang dibawah pimpinan Komandan Posmat Pelda Mes Satuhir langsung bergerak dengan cepat menuju lokasi kejadian tenggelamnya KM. SINAR KAKAP guna membantu proses pencarian dan evakuasi yang dibantu oleh Pol Air Muara Kubu dan masyarakat. Posmat Muara Kubu menggunakan alusista Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Padang Tikar PAT II-12-19.

Setelah tiba di perairan Muara Kubu dilakukan penyisiran selama 30 menit untuk mencari KM. SINAR KAKAP dimana situasi gelap gulita dan hujan lebat. Dan didapatkan tanda lampu kecil dari KM. SINAR KAKAPkemudian Tim Evakuasi langsung mendekati lokasi tersebut dan didapatkan Nahkoda dan ABK berada di atas anjungan dikarenakan badan kapal sudah sebagian tenggelam. Nahkoda dan ABK langsung dipindahkan ke Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Padang Tikar PAT II-12-19 hingga pukul 02.00 Wib dibawa ke Posmat Muara Kubu. Setibanya di Posmat Muara Kubu langsung dilaksanakan pengecekan kondisi Nahkoda dan para ABK, dan salah satu ABK mengalami kram karena diakibatkan kedinginan, anggota Posmat Muara Kubu langsung dengan cekatan memberikan pertolongan pertama, setelah itu Nahkoda dan para ABK istirahat di Posmat Muara Kubu.

 

 

"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Senin, 29 Januari 2018
Foto Panglima TNI
Jum`at, 5 Januari 2018
Baleho Sinergitas TNI dan Polri
Jum`at, 5 Januari 2018
Perintah Harian Panglima TNI
Rabu, 13 September 2017
Baleho Terbaru HUT ke-72 Tentara Nasional Indonesia
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Senin, 12 Februari 2018
Panglima TNI Perintahkan AL Berantas Peredaran Narkoba di Perbatasan
Senin, 12 Februari 2018
Panglima TNI: Indonesia Dijadikan Pasar bagi Pengedar Narkoba
Senin, 12 Februari 2018
Panglima TNI Tegaskan tak Main–Main Melawan Narkoba
Senin, 12 Februari 2018
Reaksi Panglima TNI Hadi Tjahjanto Soal Tangkapan Sabu 1 Ton: Pelaku Harus Ditindak Tegas
Sabtu, 10 Februari 2018
TNI AL Amankan Kapal Penyelundup 1 Ton Sabu di Selat Phillip