MOS SMP/SMA/SMK KARTIKA BALIKPAPAN DILAKSANAKAN DI DODIKJUR
Kamis, 16 Juli 2009 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 730
Home » Diklat » MOS SMP/SMA/SMK KARTIKA BALIKPAPAN DILAKSANAKAN DI DODIKJUR

KODAM VI/TPR (16/7),- Mengingat fasilitas yang cukup memadai dalam hal pemberian materi di lapangan, MOS (Masa Orientasi Siswa) untuk murid SMP, SMA dan SMK Kartika Balikpapan dilaksanakan di lapangan Dodikjur Rindam VI/Tpr Kelurahan Manggar, Balikpapan, Rabu (15/7). 

MOS dilakukan SMP, SMA dan SMK Kartika Balikpapan yang bernaung di bawah Yayasan Kartika Jaya Cabang V Tanjungpura memasuki tahun pelajaran baru, sebagaimana berlaku bagi sekolah-sekolah di Indonesia yang wajib diikuti seluruh siswa baru.

          Selama mengikuti MOS tersebut para siswa menerima materi-materi karakter budaya bangsa, disiplin yang meliputi mountaineering, outbound, P3K, Pramuka, peraturan baris-berbaris (PBB), bela negara, semangat bela negara, wawasan kebangsaan dan kebersamaan serta penyuluhan tentang bahaya narkoba dan HIV/AIDS.

Kegiatan MOS SMP, SMA dan SMK Kartika tersebut dibuka Asisten Personel (Aspers) Kasdam VI/Tpr Kolonel Inf Jaswandi mewakili Pangdam VI/Tpr ditandai dengan penyematan tanda peserta kepada perwakilan para pelajar dari masing-masing sekolah.

Kegiatan MOS yang berlangsung dalam tiga gelombang itu berlangsung selama lima hari dari 15 hingga 20 Juli, diikuti 650 siswa dan 26 orang pendukung. Selama MOS para siswa didampingi guru baik dari masing-masing sekolah.

Kegiatan MOS diharapkan bisa mencetak sumber daya manusia (SDM) yang berprestasi  terutama dalam bidang karakter, disiplin, semangat bela negara, wawasan kebangsaan serta kebersamaan.

Pangdam VI/Tpr Mayjen TNI Tono Suratman dalam amanat yang dibacakan Aspers mengatakan, kegiatan orientasi siswa pada dasarnya merupakan sebuah proses pembelajaran yang memiliki tujuan yang positif.

MOS juga merupakan sarana penanaman nilai-nilai kedisiplinan, akademik, kepemimpinan dan nilai-nilai sosial masyarakat tentunya diisi dengan kegiatan-kegiatan positif.

Penyelenggara MOS memandang para siswa sebagai sosok manusia yang utuh dengan segenap potensi kemanusian yang dimilikinya, yang patut dihargai dan dihormati keberadaannya.

 

Dikatakan, peserta MOS memiliki potensi yang perlu diidentifikasi dan perlu dikembangkan.

”Masa orientasi hendaknya digunakan sebagai momen untuk mengidentifikasi dan mengeksplorasi potensi-potensi yang dimiliki  siswa untuk dikembangkan lebih lanjut, “ ujar Pangdam.

          Pangdam juga berharap agar selama masa orentasi bagi siswa yang berprestasi diberikan penghargaan.

Namun demikian, Pangdam memberi petunjuk untuk menghindari hukuman bentuk fisik maupun psikis bagi siswa yang melanggar aturan. Hal itu dimaksudkan agar proses belajar mengajar dikemas secara kreatif dalam bentuk dinamika kelompok, yang membawa suasana menyenangkan dan mengedepankan aktivitas siswa dengan tidak menonjolkan militerisme.

Baca "Diklat" Lainnya

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

Panglima TNI Jendral Moeldoko

Pengumuman

Polling

Informasi apa yang paling Anda butuhkan dari website ini ?

 
AGENDA KEGIATAN
pendidikan
patriot
download
download
download
persyaratan
beasiswa
PSDP
LPSE
pendidikan

Video TNI