PADA UPACARA MEMPERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA KE-81 TAHUN 2009 JAKARTA, 28 OKTOBER 2009
Rabu, 28 Oktober 2009 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 979
Home » Amanat » PADA UPACARA MEMPERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA KE-81 TAHUN 2009 JAKARTA, 28 OKTOBER 2009

Assalamu ‘Alaikum Wr. Wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua,

Para Perwira, Bintara dan Tamtama, serta Pegawai Negeri Sipil TNI, yang saya cintai dan saya banggakan,

            Mengawali amanat saya di hari yang bersejarah ini, marilah terlebih dahulu kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala ridho dan karunia-Nya, sehingga kita dapat melaksanakan Upacara “Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-81 Tahun 2009”, dalam keadaan sehat wal’afiat.

            Segenap Peserta Upacara yang saya hormati,

            Upacara yang kita lakukan saat ini, pada hakeketnya merupakan ungkapan rasa syukur serta wujud penghormatan dan penghargaan kita kepada para pendahulu dan semua pahlawan kusuma bangsa, khususnya para “penggagas” dan “deklarator” Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.

            Ikrar Pemuda, yang kemudian lebih kita kenal dengan “Sumpah Pemuda”, pada dasarnya merupakan “deklarasi kebangsaan” atau penjelmaan dari “semangat, rasa dan faham kebangsaan” Indonesia.

            Paham kebangsaan itu, kemudian menjadi “embrio” persatuan dan kesatuan bangsa, yang mengatasi dan memayungi spirit “primordialisme” suku, agama, ras dan berbagai golongan. Inilah yang kemudian mengkristal dan menjadi semboyaon “Bhinneka Tunggal Ika”.

            Kekuatan atau nilai strategis Sumpah Pemuda sebagai salah satu “tonggak utama” sejarah nasional, terletak pada tiga aspek pokok:

            Pertama, adanya kesadaran, semangat dan “militansi” para pemuda yang sangat “tinggi dan berani” untuk memperkokoh pilar persatuan dan kesatuan bangsa.    

            Kedua, adanya “visi kebangsaan” para pemuda yang tajam, cerdas, cemerlang dan visioner untuk bersatu dan menjadi bangsa yang terbebas dari segala bentuk penindasan dan penjajahan bangsa lain; merupakan bukti autentik betapa kuatnya komitmen dan karakter anak bangsa, khususnya para pemuda satu abad yang lalu.

            Ketiga, sesungguhnya sejak deklarasi Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928, bangsa ini mulai bangkit untuk menegakkan persatuan dan kesatuan melakukan integrasi jiwa dan semangat kebangsaan untuk mampu membebaskan diri dari penindasan; serta membangkitkan soliditas perjuangan nasional yang terintegratif dan percaya pada diri sendiri.

Para Perwira, Bintara dan Tamtama, serta Pegawai Negeri Sipil TNI, yang saya cintai,

Bagi TNI, setiap peringatan hari bersejarah seperti hari ini, senantiasa dijadikan momentum untuk melakukan “refleksi historis”, agar senantiasa dapat melakukan instrospeksi serta memetik pelajaran dan hikmah, dari setiap “episoda” perjuangan nasional bangsa Indonesia.

Namun yang lebih penting dari itu, adalah momentum untuk selalu mempersegar kembali, tekad, semangat, dan “prasetia” kita untuk melanjutkan perjuangan para pendahulu, demi tetap tegaknya kedaulatan negara, keutuhan wilayah nasional dan menjamin keselamatan segenap tumpah darah Indonesia.

            Hanya dengan demikian, segenap prajurit TNI dan semua komponen bangsa, telah mewarisi dan melaksanakan jiwa, semangat dan nilai-nilai kejuangan para pahlawan pendahulu kita.

            Dalam konteks peringatan hari Sumpah Pemuda, maka jiwa, semangat dan nilai-nilai kejuangan itu, adalah ”kebhinekaan” yang dilandasi oleh “nilai-nilai integratif” atau persatuan dan kesatuan.

            Demi persatuan dan kesatuan itu, setiap prajurit TNI terpanggil untuk meningkatkan kapasitas serta kualitas “Kemanunggalan TNI-Rakyat”, yang kita dedikasikan sebagai salah satu fundamen yang kokoh dalam melaksanakan pembangunan nasional sebagai perwujudan perjuangan segenap komponen generasi penerus bangsa.

            Segenap Peserta Upacara yang saya banggakan

            Sebelum mengakhiri amanat ini, saya menyampaikan beberapa “atensi” dan “harapan”, sebagai berikut:

            Pertama, pelihara dan perkokoh ”soliditas” dan ”solidaritas” TNI, sebagai fondasi guna memperkokoh “Kemanunggalan TNI-Rakyat”, demi semakin kohesifnya persatuan dan kesatuan nasional yang berlandaskan semangat “Bhineka Tunggal Ika”.

            Kedua, tumbuhkembangkan ”harmonisasi” dengan aparat dan abdi negara lainnya yang dilandasi oleh ketulusan jiwa, kebersihan hati, dan rasa kebersamaan, untuk senantiasa berbuat, dan memberikan yang terbaik bagi kepentingan nasional.

            Ketiga, transformasikan dan aktualisasikan semangat nilai-nilai Sumpah Pemuda sesuai tuntutan perkembangan zaman, sehinga setiap prajurit TNI sebagai bagian dari generasi penerus bangsa, dapat menjadi pelopor dan contoh bagi warga masyarakat, dalam memelihara dan meningkatkan kepedulian, kebersamaan serta ”harmonisasi sosial”, demi persatuan dan kesatuan nasional.

            Keempat, tingkatkan dan mantapkan disiplin, dedikasi, dan loyalitas yang tinggi sebagai prajurit Sapta Marga sejati, guna menghadirkan karya dan prestasi, demi suksesnya tugas pokok TNI, baik dalam rangka ”OMP” maupun ”OMSP”.

            Kelima, pelihara dan tingkatkan kewaspadaan sekaligus kesiapsiagaan satuan, agar  tidak terdadak dan terjebak oleh perkembangan situasi yang senantiasa bergerak cepat dan dinamis, sehingga ”stabilitas nasional”, dapat terpelihara dengan sebaik-baiknya demi suksesnya agenda pembangunan nasional.

            Para Perwira, Bintara, dan Tamtama, serta Segenap Pegawai Negeri Sipil TNI, yang saya cintai dan banggakan,

            Akhirnya, semoga Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan bimbingan, petunjuk, kekuatan dan keteguhan kepada kita dalam melanjutkan tugas pengabdian demi kejayaan bangsa dan tegaknya negara yang kita cintai bersama ini.

            Selamat bertugas

Sekian dan terima kasih

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Panglima TNI

 

Djoko Santoso

Jenderal TNI

Baca "Amanat" Lainnya

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

Panglima TNI Jendral Moeldoko

Pengumuman

Polling

Informasi apa yang paling Anda butuhkan dari website ini ?

 
AGENDA KEGIATAN
pendidikan
patriot
download
download
download
persyaratan
beasiswa
PSDP
LPSE
pendidikan
innovasipanglimatni

Video TNI