MAKODIKAU PERINGATI HARI IBU
Rabu, 23 Desember 2009 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 281
Home » Upacara dan Tradisi TNI » MAKODIKAU PERINGATI HARI IBU

DISPENAU (23/12),- Bentuk penghormatan dan penghargaan lain dari bangsa Indonesia kepada kaum Ibu, adalah sikap tegas bangsa kita yang “menolak” segala bentuk “diskriminasi” terhadap kaum Ibu atau kaum perempuan pada umumnya dan salah satu bentuk penghormatan dan penghargaan tersebut, diwujudkan dengan ditetapkannya tanggal 22 Desember sebagai “Hari Ibu” sekaligus “Hari Besar Nasional” yang diperingati setiap tahunnya. Dan hari Ibu diperingati oleh warga Makodikau hari Rabu (23/12) dilapangan Upacara Makodikau, dengan Inspektur Upacara Kepala Keuangan Kodikau Kolonel Adm Sri Eko Dewi.

          Dalam sambutan Panglima TNI yang dibacakan oleh Inspektur Upacara menyatakan Kenyataan dewasa ini menunjukkan, bahwa “peran” dan “kontribusi” perempuan dinilai belum maksimal atau belum berbanding lurus dengan jumlahnya yang demikian besar. Masih ada kesenjangan antara aspek kualitas dengan kuantitas, sehingga menimbulkan kesan seolah-olah “kesetaraan gender” itu menghadapi “perlawanan” dari kaum laki-laki.

          Oleh karena itu pada hari Ibu yang bertema “Kesetaraan Perempuan dan Laki-laki Dalam Pembangunan Nasional”, dinilai amat tepat dan relevan dengan tuntutan dan tantangan nasional dewasa ini. Untuk itu kiranya tema tersebut dapat menggugah kesadaran kita semua, kesadaran kaum laki-laki dan perempuan sesuai dengan kapasitas masing-masing, untuk terus meningkatkan peran dan kontribusi masing-masing, agar “kesetaraan” perempuan dan laki-laki tersebut dapat diwujudkan dengan sebaik-baiknya.

          Panglima TNI juga menyampaikan harapan kepada semua kaum Ibu dan Perempuan keluarga besar TNI, Wanita PNS maupun isteri para prajurit agar selalu bersyukur sekaligus berbangga hati ditakdirkan sebagai wanita, sebab ”kodrat” sebagai wanita, adalah sebuah anugerah sekaligus kehormatan yang tidak diberikan dan dimiliki oleh laki-laki, mampu meningkatkan kemampuan dan kapasitas penguasaan ilmu dan keterampilan, demi semakin meningkatnya peran dan kiprah perempuan, Wanita diharapkan mampu menjadi “partner” atau mitra “sejajar” yang baik untuk berdiskusi, berbagai ilmu dan pengalaman, demi kemajuan, keberhasilan dan kesuksesan tugas pokok TNI serta mengamalkan Delapan Wajib TNI.

Baca "Upacara dan Tradisi TNI" Lainnya

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

Panglima TNI Jendral Moeldoko

Pengumuman

Polling

Informasi apa yang paling Anda butuhkan dari website ini ?

 
AGENDA KEGIATAN
pendidikan
patriot
download
download
download
persyaratan
beasiswa
PSDP
LPSE
pendidikan

Video TNI