PADA UPACARA BENDERA 17-AN, 18 JANUARI 2010
Senin, 18 Januari 2010 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 1034
Home » Amanat » PADA UPACARA BENDERA 17-AN, 18 JANUARI 2010

Assalamu alaikum Wr. Wb.

Selamat Pagi, dan Salam Sejahtera untuk Kita  Semua,

Para Perwira, Bintara dan Tamtama, serta Pegawai Negeri Sipil TNI peserta upacara, yang Saya Cintai dan Saya Banggakan,

Mengawali amanat ini, terlebih dahulu marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada kita sekalian, sehingga pada pagi hari ini kita dapat melaksanakan Upacara Bendera Tanggal 17 bulan Januari Tahun 2010, dalam keadaan sehat wal afiat.

Para Perwira, Bintara dan Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil TNI dimanapun Saudara Berada,

Saya ingin sejenak mengajak  kita semua untuk merefleksikan pencapaian pelaksanaan program kerja TH. 2009 yang lalu seiring dengan tugas dan peran TNI serta pembinaan organisasi.

Tugas dan peran TNI yang dimaksud adalah, sebagai berikut :

Pertama, TNI telah berhasil melaksanakan tugas perbantuan kepada Polri dalam rangka pengamanan pesta demokrasi sepanjang tahun 2009, sehingga stabiIitas keamanan nasional dapat terjaga dengan baik. Hal ini tidak terlepas dari komitmen TNI untuk senantiasa menjaga netralitas dalam pesta demokrasi tersebut.

Kedua, tugas perbantuan yang lain adalah penanggulangan bencana yang terjadi di beberapa wilayah NKRI dinilai dapat membantu pemerintah baik pada saat terjadinya bencana maupun saat membantu mengatasi rehabilitasi wilayah yang terkena bencana.

Ketiga,         kinerja TNI dalam penugasan sebagai Pasukan Penjaga Perdamaian Dunia (peacekeeping force), telah terbukti berhasil dan diakui oleh dunia internasional.

Dalam pembinaan organisasi, TNI telah berhasil melakukan hal-­hal sebagai berikut :

Pertama, dalam pemeriksaan BPK pada tahun 2009, TNI mencatat berbagai perbaikan tertib administrasi yang signifikan, sehingga TNI memperoleh penilaian Wajar Dengan Pengecualian.

Kedua, merumuskan pembentukan satuan-satuan baru guna merealisasikan program pembangunan kekuatan dan gelar TNI dalam  rangka menghadapi tantangan tugas ke depan yang tidak semakin ringan.

Kita patut bersyukur, bahwa melalui kerja keras dan dengan komitmen yang  teguh, semua pencapaian tersebut dapat kita raih.  Kondisi tersebut akan lebih mendorong kita dalam melanjutkan program.

Para Perwira, Bintara dan Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil TNI yang Saya Cintai dan Saya Banggakan,

Pada awal tahun 2010 ini, dinamika kehidupan nasional, khususnya di bidang sosial dan politik, dirasakan cukup mengemuka.

Kita bersyukur, berkat kesadaran dan pengertian seluruh komponen bangsa, dinamika sosial dan politik selama ini masih dalam koridor dan batas toleransi, sehingga kondisi stabilitas nasional tetap kondusif.

Namun demikian, sebagai Bhayangkari Negara, kita tidak boleh lengah dan harus siap sedia, agar setiap saat dapat dikerahkan untuk membantu mengatasi setiap kemungkinan yang bakal terjadi demi keselamatan Negara.

Peserta Upacara, yang Saya Banggakan,

Mencermati perkembangan lingkungan strategis dan persepsi    ancaman   kedepan   baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri, TNI   tengah  menyusun Program Pembangunan Kekuatan yang menuju kepada kebutuhan pokok minimum dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI dan menciptakan daya tangkal terhadap segala ancaman.

Prioritas yang ingin dicapai pada T.A. 2010 adalah melanjutkan Program Pembangunan Kekuatan TNI berupa, pembentukan satuan baru dan peningkatan status satuan untuk mencapai Kekuatan Pokok Minimum, modernisasi Alutsista untuk memantapkan dan mengembangkan kekuatan Matra Darat, Matra Laut dan Udara serta meningkatkan profesionalisme personel, yang meliputi kualitas dan kuantitas personel, penegakan hukum, disiplin, dan tata tertib prajurit serta kesejahteraan prajurit dan PNS TNI.

Program pembangunan kekuatan tersebut  terkait pula dengan upaya menegakkan NKRI di wilayah perbatasan dan pulau-pulau terluar yang dinilai rawan konflik sebagai akibat belum tuntasnya perundingan batas wilayah serta kesenjangan sosial dan ekonomi, antara penduduk perbatasan negara tetangga dengan negara Indonesia.

Untuk itu, secara berkesinambungan TNI senantiasa bekerjasama dengan semua instansi secara vertikal dan horizontal, baik pusat maupun daerah, melaksanakan penjagaan/pengawalan dan pemberdayaan wilayah pertahanan di wilayah perbatasan dan pulau-pulau terluar serta melaksanakan pengamanan di wilayah rawan konflik tersebut.

Dalam konteks inilah, TNI mendukung langkah pemerintah untuk membentuk Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan Terpadu dan Badan Pengelolaan Daerah Perbatasan Terpadu.

Peserta Upacara yang Saya Cintai dan Saya Banggakan,

Dalam  rangka modernisasi Alutsista, TNI sepenuhnya mengikuti kebijakan pemerintah untuk menggunakan secara optimal produksi industri pertahanan dalam negeri.

Menurut hemat saya, kebijakan tersebut amat strategis karena dapat mengurangi ketergantungan terhadap alutsista industri pertahanan negara lain.

Kebijakan lain yang berkaitan dengan pelaksanaan program dan anggaran TNI tahun 2010 adalah peningkatan kesejahteraan prajurit dan PNS TNI beserta keluarganya.

Kita sadari bersama, bahwa masalah kesejahteraan personel sangat berkaitan dengan program pemerintah di bidang reformasi bikorasi, yang meliputi penataan kelembagaan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia.   Untuk itu, TNI secara optimal berupaya melakukan langkah-­langkah yang kongkrit dalam rangka mewujudkan birokrasi yang kredibel, akuntabel dan responsibel secara berjenjang dan berkesinambungan.

Peserta Upacara yang Saya Banggakan,

Sasaran program apapun yang kita miliki dapat berdaya guna dan berhasil guna bila fungsi kontrol yang kita miliki secara kelembagaan pada setiap strata organisasi dapat berjalan secara optimal.

Langkah pengawasan yang diambil TNI adalah meningkatkan sistem manajemen pengawasan dan mencegah terjadinya penyimpangan, serta melaksanakan pengawasan melekat terhadap semua kegiatan operasional, terutama penggunaan anggaran serta pengadaan barang dan jasa, guna efesiensi dan menghindari terjadinya penyelewengan.

Dengan langkah-Iangkah tersebut, diharapkan TNI pada tahun 2010 ini, dapat memperoleh penilaian yang lebih baik lagi, yaitu Wajar Tanpa Pengecualian.

Para Perwira, Bintara dan Tamtama, serta segenap Pegawai Negeri Sipil TNI, dimanapun Saudara Bertugas dan Berada,

Sebelum mengakhiri Amanat ini, saya akan sampaikan atensi dan harapan agar dipedomani dan dilaksanakan, sebagai berikut :

Pertama, mantapkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dan etika dalam pelaksanaan tugas, kehidupan dan bernegara.

Kedua, junjung tinggi nilai dan semangat kebangsaan demi tetap kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa serta tetap tegaknya kedaulatan negara Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang­-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Ketiga, tingkatkan kewaspadaan dengan mencermati dan mengantisipasi perkembangan situasi secara terus menerus terhadap adanya ancaman yang merongrong kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Keempat, pegang teguh disiplin keprajuritan dengan berpedoman Sapta Marga, Sumpah Prajurit, taati hukum dan hormati Hak Azasi Manusia.

Kelima, bina soliditas satuan, tegakkan rantai komando dan mantapkan kesatuan komando di setiap strata kepemimpinan satuan TNI, sehingga terwujud loyalitas tegak lurus yang jelas dan tegas.

Demikian amanat saya pada upacara ini, semoga Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa melimpahkan bimbingan, petunjuk dan kekuatan kepada TNI, dalam melanjutkan tugas dan  pengabdian kepada bangsa dan negara yang tercinta ini.

Selamat bekerja dan bertugas,

Sekian dan terima kasih,

 

 

Panglima TNI

 

Djoko Santoso

Jenderal TNI

Baca "Amanat" Lainnya

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

Panglima TNI Jendral Moeldoko

Pengumuman

Polling

Informasi apa yang paling Anda butuhkan dari website ini ?

 
AGENDA KEGIATAN
pendidikan
patriot
download
download
download
persyaratan
beasiswa
PSDP
LPSE
pendidikan

Video TNI