LATIHAN PERTAHANAN PANGKALAN LANAL TARAKAN
Senin, 15 Maret 2010 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 378
Home » Diklat » LATIHAN PERTAHANAN PANGKALAN LANAL TARAKAN
LATIHAN PERTAHANAN PANGKALAN LANAL TARAKAN

DISPENAL (15/3),- Lanal Tarakan adalah Pangkalan TNI AL yang secara geografis terletak di Kalimantan Timur bagian Utara dan merupakan Pangkalan depan bagi satuan-satuan operasional TNI AL. Sesuai dengan tugas pokok Pangkalan yaitu menyelenggarakan dukungan administrasi dan logistik bagi satuan operasional, Kamla dan SAR terbatas serta Pembinaan Potensi Maritim dalam rangka Pertahanan Negara matra laut. Untuk dapat melaksanakan tugas pokok tersebut Lanal Tarakan senantiasa dituntut untuk mempertahankan standar kesiapsiagaannya bila sewaktu waktu timbul keadaan kontijensi.

Dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan kemampuan serta kesiapsiagaan Pangkalan TNI AL Tarakan selama satu bulan terakhir telah menyelenggarakan latihan Pertahanan Pangkalan secara terpadu dengan melibatkan Instansi samping dan unsur Maritim yang ada di Tarakan sehingga diharapkan mampu menyelenggrakan fungsi Pertahanan Pangkalan sesuai dengan kontijensinya dalam menangkal segala bentuk ancaman, gangguan dan hambatan terhadap pelaksanaan tugas pokok Pangkalan.

Sabtu 13 Maret 2010 bertempat di Pelabuhan Umum Malundung Tarakan merupakan saat dimulainya pelaksanaan Geladi Lapang Pertahanan Pangkalan Terpadu dimana sejak tanggal 17 Februari 2010 telah dilaksanakan latihan - latihan baik perorangan, beregu, peleton maupun Geladi Parsial dengan materi latihan teori dan praktek yang meliputi bertempur Perorangan, Pengetahuan senjata, Dasar serangan, Dasar Pertahanan, Patroli, Menembak, Drill Kontak serta Latihan Pemadam kebakaran serta Evakuasi Medis dan penanganan korban. Puncak Latihan Pertahanan Pangkalan Terpadu ini dilaksanakan sejak hari Kamis 11 Maret 2010 yang diawali dengan Direktif Komandan Lanal Tarakan Kolonel Laut (P) Bambang Irwanto dihadapan para Perwira dan seluruh prajurit Lanal Tarakan dan ditutup pada Minggu malam 14 Maret 2010 pukul 21.00 Wita.

Dalam latihan ini di skenariokan bahwa telah terjadi upaya lawan untuk melakukan infiltrasi dan sabotase terhadap beberapa instalasi sipil dan militer di Tarakan seperti Pelabuhan Umum, Depo Pertamina, instalasi radar IMSS dan Mako Lanal. Pelaksanaan dimulai dengan konsignering dan apel kelengkapan seluruh anggota, kendaraan pasukan dan ambulance di Mako Lanal. Beberapa skenario latihan diujikan, dianataranya Pengamanan Mako, Pengamanan dan Pemadaman kebakaran di Mako dan KRI yang sandar di Pelabuhan,Pengamanan Radar IMSS, Patroli Pertahanan pantai dan Evakuasi penanganan korban.

Dalam sambutanya Dan Lanal mengatakan bahwa kemampuan tidak datang secara tiba-tiba tetapi dengan berlatih dan berlatih.Adapun latihan ini dimaksudkan untuk memberikan pembekalan awal kepada para prajurit Lanal Tarakan sehingga diharapkan dapat meningkatkan naluri dan profisionalisme prajurit agar senantiasa tetap terjaga dan pada akhirnya siap melaksanakan tugas bila keadaan kontijensi dan Negara membutuhkan.

Baca "Diklat" Lainnya

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

Panglima TNI Jendral Moeldoko

Pengumuman

Kamis, 10 Juli 2014
Pengumuman Lelang Pusdalops TNI
Selasa, 5 Februari 2013
Lambang Mabes TNI Yang Baru
Kamis, 31 Mei 2012
Call Center

Polling

Informasi apa yang paling Anda butuhkan dari website ini ?

 
AGENDA KEGIATAN
pendidikan
patriot
download
download
download
persyaratan
beasiswa
PSDP
LPSE
pendidikan

Video TNI