PERGANTIAN PANGLIMA TNI
Kamis, 19 Januari 2006 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 644
Home » Opini » PERGANTIAN PANGLIMA TNI

Sejak akhir November 2004 isu pergantian Panglima TNI menjadi berita yang hangat dan menarik publik karena institusi yang kuat dan strategis dan yang menentukan masa depan pertahanan dan keamanan negara.

Saat ini ada empat Pati bintang empat  yang memenuhi syarat menjadi Panglima TNI, yakni Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Djoko Santoso, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Slamet Soebijanto, Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Djoko Suyanto dan mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Ryamizard Ryacudu.

Sesuai dengan undang-undang TNI yang baru, Presiden akan memilih satu nama untuk dibawa ke DPR. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Marsekal TNI Djoko Suyanto untuk menggantikan Jenderal TNI Endriartono Sutarto.

Dengan demikian terjawablah spekulasi yang hangat beredar selama ini. Sesuai dengan UU TNI No. 3/2004 tentang TNI, calon Panglima TNI adalah Kepala Staf Angkatan dan perwira aktif mantan Kepala Staf Angkatan.

Terpisah dari Angkatan mana yang akan menjadi Panglima TNI, Kami masyarakat Indonesia mendukung keberadaan TNI untuk mengamankan negeri Indonesia dari berbagai ancaman. Kami mengharapkan Panglima TNI yang terpilih kelak mampu memuluskan jalan atau menghilangkan rintangan atas tercapainya kendali demokratik di lingkungan TNI. Hal ini  mencakup institusi negara (eksekutif, legeslatif, birokrasi) kekuatan keamanan (angkatan bersenjata, kekuatan para militer, polisi serta kekuatan lain yang dilegitimasi negara) dan masyarakat sipil.

Mari kita dukung upaya TNI menjadi TNI yang lebih profesional dan kepada Panglima TNI yang terpilih kami mengharap semoga Panglima TNI dapat menciptakan gagasan yang lebih baik untuk masa depan TNI. Semoga TNI tetap kompak dan bersatu, jangan sampai terjadi friksi yang tidak sehat di kalangan institusi yang sangat menentukan keberadaan bangsa dan negara.

Baca "Opini" Lainnya

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

Panglima TNI Jendral Moeldoko

Pengumuman

Polling

Informasi apa yang paling Anda butuhkan dari website ini ?

 
AGENDA KEGIATAN
pendidikan
patriot
download
download
download
persyaratan
beasiswa
PSDP
LPSE
pendidikan

Video TNI