TENTANG PENGAMANAN PULAU-PULAU TERLUAR
Senin, 13 Februari 2006 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 763
Home » Opini » TENTANG PENGAMANAN PULAU-PULAU TERLUAR

Pengamanan pulau-pulau terluar wilayah RI membutuhkan dana sekitar Rp 2,5 triliun hingga Rp 3 triliun per tahun. Dana tersebut diperuntukkan bagi 17 departemen yang menangani masalah pengamanan pulau-pulau terluar wilayah RI, terutama pulau-pulau terluar yang memiliki kandungan sumber daya mineral potensial seperti minyak.

Jelasnya, dana sebesar itu digunakan untuk pembangunan suar dan pos-pos pengamanan, baik di darat maupun laut, termasuk bagi aparat TNI dan Polri serta petugas dari departemen lain seperti Departemen Kelautan dan Perikanan.

Busyet, besar banget biayanya! Tidak, uang triliunan itu tidak besar, bahkan terlalu kecil dibandingkan dengan resiko yang akan kita dapat, bila pulau-pulau terluar itu kemudian diclaim negara lain dan akhirnya harus terlepas dari rangkaian kepulauan negara kesatuan republik Indonesia. Dan seterusnya, mudah ditebak. Satu persatu akan menyusul dan akhirnya “Indonesia Pecah“.

Maka, satu upaya penting yang sepatutnya kita lakukan adalah mengerahkan segala kemampuan dana dan upaya secara terpadu untuk mengamankan seluruh wilayah RI termasuk pulau-pulau terluar RI, yang bukan saja karena kaya akan kandungan sumber daya alam tambang dan minyak tapi lebih dari itu adalah untuk keutuhan nusantara.

Bentuknya bisa saja berupa adanya aktivitas ekonomi di pulau-pulau terluar RI itu, sebagai cerminan pertahanan yang efektif, agar negara lain tidak mudah mengklaim wilayah RI sebagai bagian dari wilayah mereka. Sekaligus kehadiran kegiatan ekonomi tersebut sebagai bentuk pematokan perbatasan dan pada pos pengamanan serta dukungan regional serta operasional bagi aparat TNI dan Polri.

Baca "Opini" Lainnya

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

Panglima TNI Jendral Moeldoko

Pengumuman

Selasa, 9 September 2014
Rangkaian Kegiatan HUT ke-69 TNI Tahun 2014
Selasa, 9 September 2014
Tema dan Logo HUT ke-69 TNI Tahun 2014
Selasa, 5 Februari 2013
Lambang Mabes TNI Yang Baru
Kamis, 31 Mei 2012
Call Center

Polling

Informasi apa yang paling Anda butuhkan dari website ini ?

 
AGENDA KEGIATAN
pendidikan
patriot
download
download
download
persyaratan
beasiswa
PSDP
LPSE
pendidikan
innovasipanglimatni

Video TNI