KORAMIL 0906-16/SEBULU MELAKSANAKAN PEMBINAAN PRAMUKA DAN BELA NEGARA
Rabu, 30 Juni 2010 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 1027
Home » Internal » KORAMIL 0906-16/SEBULU MELAKSANAKAN PEMBINAAN PRAMUKA DAN BELA NEGARA
KORAMIL 0906-16/SEBULU MELAKSANAKAN PEMBINAAN PRAMUKA DAN BELA NEGARA

KODAM VI/MULAWARMAN (30/6),- Melalui pembinaan dan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) terhadap Linmas dan Pembinaan gerakan Pramuka, sesuai kerjasama TNI AD dengan Kwarnas Gerakan Pramuka dapat mengembangkan mental, moral, spiritual, emosional serta fisik menjadi manusia yang berkepribadian, berwatak dan berbudi luhur serta sebagai warga negara Indonesia yang berjiwa Pancasila dan setia kepada NKRI. Untuk mendukung dan menindaklanjuti kegiatan tersebut, Koramil 0906-16/Sebulu Kodim 0906/Tgr melaksanakan kegiatan tersebut.

Komandan Kodim 0906/Tgr melalui Danramil 0906-16/Sebulu Lettu Inf Masrum menegaskan, pembinaan Kepramukaan merupakan salah satu bentuk pembinaan yang ditujukan bagi generasi muda khususnya di kalangan pelajar, melalui pembinaan ini diharapkan akan terbentuk generasi muda yang berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti yang luhur. Sehingga pada akhirnya menjadi warga negara yang berjiwa Pancasila, memiliki semangat bela negara dan rasa kebangsaan yang tinggi.

Kegiatan Pembinaan Pramuka di  Koramil 0906-16/Sebulu diikuti oleh Tingkat Penggalang sebanyak 300 orang dan sekolah-sekolah yang di bina antara lain: SDN 006, SDN 007, SDN 009, SDN 014, SMPN 3, MTs Al’Amin, MTs Baitullrahman.

Adapun materi yang diberikan dalam kegiatan Pramuka antara lain Navigasi Darat, Pioneering, Survival, Mountaineering dan Penanggulangan Bencana. Salah satu kegiatan Mountaineering yaitu jalan di atas tali satu. Materi lainnya dari materi Mountaineering adalah para peserta Pramuka diumpamakan merayap di bawah kawat berduri. Materi Survival yaitu pembekalan tentang pengetahuan senjata yang diberikan oleh para Babinsa kepada peserta Pramuka.

Pada kesempatan itu juga dilaksanakannya penanaman pohon oleh seluruh peserta Pramuka dan secara simbolis penanaman pohon pertama oleh Muspika Kec. Sebulu dan diwakilkan oleh Danramil 0906-16/Sebulu Lettu Inf Masrum.

Salah satu upaya yang dilakukan Koramil 0906-16/Sebulu dalam membantu pemerintah menyiapkan kekuatan pendukung secara dini adalah meningkatkan kesadaran bela negara melalui pembinaan terhadap para Linmas. Danramil 0906-16/Sebulu Lettu Inf Masrum memberikan pembekalan kepada para Linmas, jumlah yang menerima pembekalan bela negara sebanyak 18 orang.

Latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) adalah salah satu pembekalan dalam bela negara yang diberikan oleh Danramil 0906-16 /Sebulu dan seluruh para Babinsa Koramil 0906-16/Sebulu. Dengan pembekalan bela negara dan pembinaan Pramuka oleh Koramil 0906-16 /Sebulu semoga dapat menjadi motivasi bagi pemerintah daerah Kab. Kutai Kartanegara untuk andil dalam meningkatkan kecerdasan dan keterampilan terhadap generasi muda dan anak didik sebagai patriot dan penerus bangsa. Upaya tersebut dapat berhasil jika di dukung oleh masyarakat dan lembaga terkait untuk menciptakan generasi muda yang lebih baik.

Baca "Internal" Lainnya

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

Panglima TNI Jendral Moeldoko

Pengumuman

Minggu, 12 Oktober 2014
PENERIMA PENGHARGAAN INOVASI PANGLIMA TNI 2014
Selasa, 5 Februari 2013
Lambang Mabes TNI Yang Baru
Kamis, 31 Mei 2012
Call Center

Polling

Informasi apa yang paling Anda butuhkan dari website ini ?

 
AGENDA KEGIATAN
pendidikan
patriot
download
download
download
persyaratan
beasiswa
PSDP
LPSE
pendidikan

Video TNI