ANCAMAN API POLITIK PANGLIMA TNI
Kamis, 16 Februari 2006 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 699
Home » Opini » ANCAMAN API POLITIK PANGLIMA TNI

         Dalam pelantikan Panglima TNI Marsekal Djoko Suyanto , Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mewanti-wanti agar TNI tidak bermain api politik.

          Pernyataan SBY ini sungguh beralasan karena godaan politik dari pihak sipil masih terus ada, dan mungkin juga hasrat dari sebagian Jenderal, Marsekal, maupun Laksamana yang tertarik untuk terlibat politik.

          Secara hukum, keterlibatan TNI dalam politik masih memungkinkan, sebeluma ada revisi UU Pilkada No.32 tahun 2004 yang memungkinkan TNI menjadi calon pimpinan daerah.

          Ditambah lagi dengan adanya hak pilih anggota TNI pada Pemilu 2009 yang sangat mungkin terjadinya politisasi TNI.

          Dalam kondisi demikian, peringatan yang disampaikan Presiden SBY dalam pelantikan Panglima TNI sesungguhnya bukan hanya untuk TNI melainkan juga untuk sipil agar tidak lagi memberi ruang bagi keterlibatan TNI dalam politik.

          Ini agenda baru bagi Panglima TNI baru khususnya dan bagi politisi yang esensinya sebagai pengawal reformasi.

          Mudah-mudahan reputasi Panglima TNI baru yang selama ini berlum terbukti terlibat dalam persolan politik praktis dapat menjadi mercusuar yang menjadi pandu bagi anggota TNI lainnya untuk menghidari api politik yang bisa membakar reformasi yang secara bertahap mulai terbangun dalam dirinya.

          Numun, tidak kalah pentingnya adalah keseriusan sipil untuk menjaga agar TNI tergoda apalagi digoda untuk bermain api politik. Tentu dengan terus mengontrol TNI, tidak hanya dalam fit and proper test yang berlangsung hanya sehari.

          Disinilah api politik akan menentukan; apakah ia akan membakar reformasi TNI atau justru menjadi penerang untuk menghidari ranjau politik , semoga!.

Baca "Opini" Lainnya

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

Panglima TNI Jendral Moeldoko

Pengumuman

Polling

Informasi apa yang paling Anda butuhkan dari website ini ?

 
AGENDA KEGIATAN
pendidikan
patriot
download
download
download
persyaratan
beasiswa
PSDP
LPSE
pendidikan

Video TNI