KOPASKA TNI AL “SERBU TERORIS” DI BANDARA JUANDA
Kamis, 29 Juli 2010 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 299
Home » Diklat » KOPASKA TNI AL “SERBU TERORIS” DI BANDARA JUANDA

             ARMATIM (29/7),- Sebanyak 1 Tim Komando Pasukan Katak  (Kopaska) TNI AL “menyerbu” sarang teroris di Bandara Juanda, Rabu (28/7). Penghancuran kekuatan lawan yang dilakukan dengan pertempuran jarak dekat. Itu berlangsung dengan tidak muda,  karena musuh bersembunyi di ruangan-ruangan tertutup dan kondisi penerangan gelap. Tetapi dengan kesiapsiagaan yang handal, prajurit elit TNI AL ini tidak begitu lama dapat berhasil melumpuhkan sarang teroris tersebut.

          Sepenggal adegan serbuan ke sarang teroris yang dilakukan oleh Pasukan Katak TNI AL tersebut, merupakan skenario latihan bersama yang digelar antara TNI AL dengan Angkatan Laut Amerika Serikat dari jajaran US Navy Seal dengan sandi “Flash Iron 10-2 JCET”. Latihan yang dilaksanakan mulai 12 Juli tersebut, sejak hari Senin (26/7) sampai hari ini Rabu (28/7) melaksanakan latihan di Bandara Juanda, dengan materi latihan CQC (Closed Quarter Combat) atau pertempuran jarak dekat.

          Pasukan yang terlibat dalam latihan bersama ini dari Kopaska TNI AL 92 personel sedangkan dari pihak US Navy Seal 19 personel. Latihan yang digelar hingga 5 Agustus tersebut  melaksanakan beberapa materi latihan diantaranya pengamanan VVIP,  MIO (Martime Interdiction Operation), Markmanship and Sniper Skills, CQC (Closed Quarter Combat), Urban Warfare, dan TCCE (Tactical Combat Casualiv Care).

          Tujuan digelarnya latihan bersama ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kesiapsiagaan Pasukan Katak TNI AL dalam melaksanakan Maritime Interdiction Operation, Markmanship dan Sniper Skills, CQC, VVIP Protections, Urban Warfare dan TCCE (Tactical Combat Casualiv Care). Adapun sasaran dalam latihan ini, yaitu tercapainya aspek perencanaan, operasional, taktis, teknis, dan prosedur, serta aspek psikologis, penelitian dan pengembangan.

Baca "Diklat" Lainnya

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

Panglima TNI Jendral Moeldoko

Pengumuman

Kamis, 10 Juli 2014
Pengumuman Lelang Pusdalops TNI
Selasa, 5 Februari 2013
Lambang Mabes TNI Yang Baru
Kamis, 31 Mei 2012
Call Center

Polling

Informasi apa yang paling Anda butuhkan dari website ini ?

 
AGENDA KEGIATAN
pendidikan
patriot
download
download
download
persyaratan
beasiswa
PSDP
LPSE
pendidikan

Video TNI