72c48fd458ce9e91857e30ed00aff432.jpg

Dua KRI Patroli Bersama Dengan HMAS Pirie

Selasa, 24 April 2012 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 650 kali

Dua KRI Patroli Bersama Dengan HMAS Pirie

PUSPEN (24/4),- Dua Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yang berada di jajaran Satuan Kapal Patroli (Satrol) Koarmatim yaitu KRI Kakap-811 dan KRI Tongkol-813, melaksanakan patroli laut bersama dengan Kapal Perang Australia, Her Majesty Australia Ship (HMAS) Pirie-P87 di sekitar Laut Timor, Jum’at (20/04). Patroli bersama oleh unsur Angkatan Laut kedua Negara berkaitan dengan kegiatan Patroli Koordinasi Australia Indonesia (Patkor Ausindo) tahun 2012.

Pihak KRI mengadakan patroli diwilayah zona teritorial Indonesia, demikian juga Kapal Perang Australia melakukan aktifitas yang sama di zona perairan mereka. Komunikasi antara unsur KRI dan HMAS Pirie terus dilaksanakan selama kegiatan patroli bersama berlangsung. Hal ini bertujuan untuk menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik dalam mengambil setiap tindakan yang dilakukan oleh Kapal Perang kedua Negara.

Secara umum patroli bersama ini bertujuan untuk saling melaksanakan kordinasi antar Angkatan Laut kedua Negara dalam melaksanakan penindakan terhadap aksi pelanggaran di laut seperti pencurian ikan (illegal fishing), pencurian kayu (illegal logging), illegal minning, penyelundupan manusia (illegal entry) dan penanggulangan aksi terorisme di laut (maritime terorism). Selain itu patroli bersama ini juga untuk saling melakukan koordinasi dalam mengambi tindakan kemanusian berupa pencarian dan pertolongan korban Search And Rescue (SAR) terhadap kapal-kapal yang mengalami musibah di wilayah  teritorial masing-masing.

"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Senin, 8 Januari 2018
Berangkat Takziah, 8 Marinir Justru Bantu Tangkap Bandar Narkoba
Senin, 8 Januari 2018
Buah Manis Perjuangan Serka Dawis Jadi Nama Jembatan Gantung
Senin, 27 November 2017
Susi hingga Panglima TNI Jadi Pejabat dengan Kinerja Terbaik
Rabu, 15 November 2017
Panglima TNI : Hoax, Prajurit dan Wartawan
Rabu, 15 November 2017
Gatot Nurmantyo: Jangan Menelan Berita Mentah-Mentah