AUSTRALIA JUGA INGINKAN PULAU KITA
Rabu, 1 November 2006 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 1660
Home » Opini » AUSTRALIA JUGA INGINKAN PULAU KITA

Pengakuan kepemilikan Australia atas pulau Pasir di Laut Timor yang berada di wilayah teritorial Indonesia, membuktikan bahwa pertahanan wilayah perbatasan kita masih sangat lemah, terutama gugusan pulau-pulau terluar sangat rawan dan menjadi incaran Negara tetangga kita yang berbatasan langsung baik di darat maupun perbatasan laut. Alasan Australia menganeksasi (menyerobot) Pulau Pasir itu karena pulau tersebut diduga  memiliki kekayaan alam berupa minyak dan gas bumi.

          Munculnya beberapa insiden di perbatasan akhir-akhir ini, sudah mencapai tahap mengkhawatirkan kedaulatan NKRI. Beberapa pulau terluar di Nusantara ini satu demi satu berpindah tangan ke pengawasan asing. Wilayah daratan Indonesia yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga seperti Timor Leste, Malaysia, PNG dan wilayah perbatasan laut seperti Australia serta Filipina menjadi sangat rawan terhadap aksi penyusupan, penyelundupan, pencurian kayu, pemindahan patok tapal batas wilayah, bahkan penyerobotan pulau-pulau di Indonesia.

          Apabila keadaan ini tidak segera diatasi, wilayah nusantara ini semakin tidak terkontrol, negara tetangga dengan sesuka hati menduduki pulau-pulau strategis tanpa di ketahui aparat kita. Pulau-pulau yang mereka duduki lama-lama diklaim sebagai wilayahnya, masyarakat setempat bahkan telah dapat di pengaruhi. Kalau sudah begini ancaman disintegrasi bangsa akan semakin nyata.

          Menurut saya wilayah perbatasan menjadi tanggung jawab seluruh rakyat Indonesia, namun aparat Pemda yang wilayahnya terdiri dari kepulaun dan berbatasan dengan Negara lain harus peduli terhadap setiap perkembangan situasi yang berada diluar kontrolnya. Untuk itu, kita harus menjaga tetap utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia ini.

          Untuk mempertahankan dan menjaga keutuhan wilayah perbatasan NKRI secara fisik tentu kita serahkan kepada aparat, karena mereka memang sudah dilatih untuk menghadapi gangguan keamanan.

          Mari kita support keinginan yang akan menempatkan pasukannya di seluruh wilayah perbatasan. Pemerintah dan DPR diharapkan segera merespon keinginan tersebut dengan memberi payung hukum yang jelas agar kewenangan di dalam menjaga keutuhan wilayah, utamanya diperbatasan menjadi jelas.

          Jangan biarkan asing merampas hal, martabat dan kedaulatan yang kita miliki. Kita harus mampu menunjukkan kepada dunia kita memiliki kesiapan untuk menghadapi ancaman dari luar. Ini penting agar Negara tetangga kita seperti Australia dan Malaysia tidak menganggap remeh kita. Sudah sering harga diri dan martabat kita di injak-injak oleh Negara tetangga.

Baca "Opini" Lainnya

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

Panglima TNI Jendral Moeldoko

Pengumuman

Kamis, 10 Juli 2014
Pengumuman Lelang Pusdalops TNI
Selasa, 5 Februari 2013
Lambang Mabes TNI Yang Baru
Kamis, 31 Mei 2012
Call Center

Polling

Informasi apa yang paling Anda butuhkan dari website ini ?

 
AGENDA KEGIATAN
pendidikan
patriot
download
download
download
persyaratan
beasiswa
PSDP
LPSE
pendidikan

Video TNI