Pusat Penerangan TNI Buka Penataran Citizen Journalism
Senin, 3 September 2012 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 622
Home » Diklat » Pusat Penerangan TNI Buka Penataran Citizen Journalism
Pusat Penerangan TNI Buka Penataran Citizen Journalism

PUSPEN TNI (3/9),- Kemajuan tehnologi informasi secara pasti telah memberikan andil yang sangat besar dalam mendorong kemajuan pembangunan masyarakat pada masa sekarang ini. Dengan didukung kemajuan tehnologi, terutama internet, sehingga media massa telah mampu membentuk ruang publik yang sangat luas. Demikian amanat Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Laksamana Muda TNI Iskandar Sitompul, S.E., yang dibacakan oleh Kepala Dinas Produksi dan Dokumentasi (Kadisproddok) Puspen TNI, Kolonel Laut (P) Guntur Wahyudi selaku Inspektur Upacara (Irup) pada Upacara Pembukaan Penataran Citizen Journalism tahun 2012, di Balai Wartawan Puspen TNI, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (3/9).

Menurut Kapuspen TNI, TNI memandang perlu untuk mengadakan penataran Citizen Journalism atau disebut juga jurnalisme warga karena merupakan kekuatan terbesar dalam bidang jurnalistik masa depan. Citizen Journalism adalah praktek jurnalisme yang dilakukan oleh non profesional jurnalis, dalam hal ini oleh warga, termasuk juga anggota TNI. Setiap warga bisa menjalankan fungsi jurnalis profesional, yang pada umumnya menggunakan chanel media baru yaitu internet untuk menyebarkan informasi dan berita serta opini.

Melalui penataran ini, TNI berharap kepada peserta penataran dapat memiliki kemampuan jurnalistik, sehingga dapat melakukan kegiatan jurnalistik, yaitu mencari, memperoleh dan mengolah informasi kemudian menyebarluaskan atau mempublikasikan informasi, melalui berbagai media cetak maupun elektronik, terutama media massa berbasis pewarta warga atau Citizen Journalism, seperti Koran Online Pewarta Indonesia (KOPI) dan website lainnya”, tegas Kapuspen TNI.

Penataran yang diselenggarakan oleh Pusat Penerangan (Puspen) TNI ini diikuti oleh 20 peserta, baik dari TNI dan PNS TNI, dan berlangsung selama 1 (satu) bulan penuh. Dalam Upacara Pembukaan tersebut Ketua PPWI (Persatuan Pewarta Warga Indonesia) memberikan buku dengan judul “Indonesia-Maroko Lebih Dari Sekedar Persahabatan” kepada Puspen TNI sebagai wujud hubungan yang telah terjalin dengan baik.

Baca "Diklat" Lainnya

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

Panglima TNI Jendral Moeldoko

Pengumuman

Selasa, 5 Februari 2013
Lambang Mabes TNI Yang Baru
Kamis, 31 Mei 2012
Call Center

Polling

Informasi apa yang paling Anda butuhkan dari website ini ?

 
AGENDA KEGIATAN
pendidikan
patriot
download
download
download
persyaratan
beasiswa
PSDP
LPSE
pendidikan

Video TNI