Puspen TNI Buka Penataran Teknik Wawancara
Rabu, 3 Oktober 2012 06:34:37 - Oleh : admin - Dibaca : 732
Home » Diklat » Puspen TNI Buka Penataran Teknik Wawancara
Puspen TNI Buka Penataran Teknik Wawancara

PUSPEN TNI (3/10),- Wawancara pada hakekatnya merupakan proses pencarian data atau informasi berupa pendapat atau pandangan dari nara sumber yang mempunyai kredibilitas atau reputasi di bidangnya, terhadap isu/persoalan yang akan diangkat atau digunakan sebagai bahan dalam penulisan karya jurnalistik. Demikian amanat Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Laksamana Muda TNI Iskandar Sitompul, S.E., yang dibacakan oleh Wakil Kepala Pusat Penerangan (Wakapuspen) TNI Brigjen TNI Suratmo, M.Si (Han), yang bertindak selaku Inspektur Upacara pada Upacara Pembukaan Penataran Teknik Wawancara tahun 2012, di Balai Wartawan Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (2/10).

Undang-undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945 pasal 28 F menyebutkan bahwa setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, dan menyimpan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.

Lebih lanjut Kapuspen TNI menyampaikan bahwa hak untuk memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia sebagai salah satu wujud dari kehidupan berbangsa dan bernegara yang demokratis, diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

Wawancara merupakan salah satu faktor penting guna mengumpulkan informasi yang lengkap, akurat, dan adil dalam dunia jurnalistik. Dalam melakukan wawancara, penguasaaan materi seorang pewawancara terhadap suatu masalah, maka cenderung semakin meningkat pula kualitas pertanyaan yang diajukan. Sehingga pada akhirnya bermuara terhadap hasil produk karya jurnalistik atau berita yang lebih baik.

Kapuspen TNI memandang perlu untuk mengadakan penataran Teknik Wawancara yang merupakan salah satu faktor penting untuk mencari fakta dan menggali informasi secermat serta selengkap mungkin, sehingga dapat menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas.

Penataran yang di selenggarakan oleh Pusat Penerangan (Puspen) TNI ini diikuti oleh 20 peserta, baik dari TNI dan PNS TNI, dan berlangsung selama 1 bulan penuh. Dalam Upacara Pembukaan tersebut Ketua PPWI (Persatuan Pewarta Warga Indonesia) memberikan sekaligus juga melaunching buku dengan judul “Berburu Honor dengan Artikel” kepada Puspen TNI sebagai wujud hubungan yang telah terjalin dengan baik.

 

 

Baca "Diklat" Lainnya

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

Panglima TNI Jendral Moeldoko

Pengumuman

Minggu, 12 Oktober 2014
PENERIMA PENGHARGAAN INOVASI PANGLIMA TNI 2014
Selasa, 5 Februari 2013
Lambang Mabes TNI Yang Baru
Kamis, 31 Mei 2012
Call Center

Polling

Informasi apa yang paling Anda butuhkan dari website ini ?

 
AGENDA KEGIATAN
pendidikan
patriot
download
download
download
persyaratan
beasiswa
PSDP
LPSE
pendidikan

Video TNI