Peringatan HUT Ke-67 TNI Tahun 2012
Senin, 8 Oktober 2012 14:52:19 - Oleh : admin - Dibaca : 509
Home » Seremonial » Peringatan HUT Ke-67 TNI Tahun 2012
Peringatan HUT Ke-67 TNI Tahun 2012

KODAM II/SRIWIJAYA (8/10),- Pangdam II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI Nugroho Widyotomo bertindak selaku Irup pada Upacara memperingati HUT yang ke-67 Tentara Nasional Indonesia, bertempat di Lapangan Benteng Kuto Besak Jalan Sekanak Palembang, Jumat (5/10).

Panglima Tentara Nasional Indonesia Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E., dalam amanatnya yang dibacakan oleh Pangdam II/Sriwijaya mengatakan, bahwa sejarah telah mencatat bahwa TNI lahir dari “rahim perjuangan” bangsa Indonesia, kemudian tumbuh dan berkembang melanjutkan pengabdian pada Ibu Pertiwi, selalu bersama-sama dan manunggal dengan rakyat. Kelahiran TNI yang kita peringati dengan upacara militer pada hari ini, tidak dapat dipisahkan dari sejarah tersebut. Sejak era perjuangan sebelum proklamasi kemerdekaan, saat rakyat masih berjuang untuk memperoleh kemerdekaan, di saat itulah cikal bakal TNI mulai tumbuh dalam bentuk laskar-laskar perjuangan yang kemudian menyatu dan berubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat, kemudian dalam perjalanannya melebur menjadi Tentara Rakyat Indonesia, dan akhirnya menjadi TNI seperti saat ini. Dari perjalanan sejarah inilah maka TNI dikenal sebagai tentara yang berasal dari rakyat, berjuang bersama rakyat dan senantiasa membela kepentingan rakyat. Perjalanan TNI hingga saat ini, bukan tanpa pengorbanan. Oleh sebab itu, sebagai generasi penerus TNI, kita sampaikan rasa hormat dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh prajurit dan para rakyat pejuang, yang telah mendedikasikan diri dan hidupnya kepada TNI, Bangsa dan Negara Indonesia, dengan senantiasa meningkatkan kualitas diri, guna memperbesar kualitas pengabdian TNI dalam pembangunan nasional.

Peringatan hari ke-67 TNI Tahun 2012 ini, kita mengusung tema “dilandasi profesionalisme, semangat juang dan soliditas, TNI bersama segenap komponen bangsa siap menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI”, Kebulatan tekad tersebut, hendaknya tidak menjadi jargon belaka, namun harus menjadi dorongan yang kuat bagi segenap prajurit TNI, guna mewujudkan “Postur TNI” yang benar-benar berjatidiri sebagai tentara nasional-tentara rakyat-pejuang dan tentara profesional yang solid, modern, berwawasan kebangsaan, dicintai dan mencintai rakyat.

Perubahan paradigma baru TNI telah berlangsung lebih dari satu dasa warsa, melalui proses reformasi internal yang berjalan sesuai rencana. Dari lima agenda utama reformasi internal TNI, agenda pertama mengenai netralitas dalam politik praktis telah diimplementasikan dengan baik. Demikian juga agenda lainnya telah menuju tahap akhir.

Sedangkan pada agenda kelima menyangkut pemantapan profesionalisme, hanya dapat dicapai melalui kesungguhan dalam melaksanakan pendidikan dan pelatihan, untuk selanjutnya dipraktekkan dalam penugasan sehari-hari. Profesionalisme TNI tentu tidak dapat bertumpu hanya pada sikap dan jiwa patriotism prajurit, tetapi perlu didukung oleh ketersediaan alat dan perlengkapan serta Alutsista. Namun demikian, TNI pun menyadari bahwa penyediaan Alutsista perlu mempertimbangkan aspek perkiraan ancamandan kondisi keuangan Negara. Oleh karena itu, melalui keputusan pemerintah, telah ditetapkan bahwa pembangunan kekuatan TNI, diarahkan kepada pembangunan Minimum Essential Force atau kekuatan pokok minimum yang dipandang memenuhi standar minimal untuk menunaikan tugas pokok TNI.

Pesan Moral dari setiap peringatan Hari Ulang Tahun ini, adalah tekad dan janji untuk meningkatkan kinerja dan kualitas pengabdian dimasa-masa yang akan datang.

Hadir dalam acara tersebut, Gubernur Sumsel beserta unsur Muspida, Kapolda Sumsel, Walikota Palembang, Kasdam II/Sriwijaya, Irdam II/Sriwijaya, Para Pejabat Teras Kodam II/Sriwijaya, Danrem 044/Gapo, para Dan/ Kabalakdam II/Sriwijaya, Danlanal Palembang, Danlanud Palembang, Ketua Persit KCK PD II/Sriwijaya dan Keluarga Besar TNI beserta undangan lainnya.

Baca "Seremonial" Lainnya

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

Panglima TNI Jendral Moeldoko

Pengumuman

Selasa, 5 Februari 2013
Lambang Mabes TNI Yang Baru
Kamis, 31 Mei 2012
Call Center

Polling

Informasi apa yang paling Anda butuhkan dari website ini ?

 
AGENDA KEGIATAN
pendidikan
patriot
download
download
download
persyaratan
beasiswa
PSDP
LPSE
pendidikan

Video TNI