PADA UPACARA BENDERA TANGGAL 18 DESEMBER 2006
Senin, 18 Desember 2006 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 1146
Home » Amanat » PADA UPACARA BENDERA TANGGAL 18 DESEMBER 2006

          PARA PERWIRA, BINTARA DAN TAMTAMA SERTA PNS TNI YANG SAYA BANGGAKAN.

          TERLEBIH DAHULU MARILAH KITA PANJATKAN PUJI SYUKUR KE  HADIRAT TUHAN  YANG MAHA ESA, KARENA ATAS LIMPAHAN RAHMAT DAN KARUNIA-NYA, DI PENGHUJUNG TAHUN 2006 INI KITA MASIH DIBERIKAN PERLINDUNGAN DAN KEKUATAN UNTUK MELAKSANAKAN UPACARA TUJUH BELASAN DALAM KEADAAN SEHAT WALAFIAT.

          UPACARA BENDERA YANG KITA SELENGGARAKAN PADA HARI INI MERUPAKAN UPACARA  TERAKHIR DALAM TAHUN 2006. PERTANDA BAHWA KITA AKAN MENGAKHIRI RANGKAIAN KEGIATAN YANG DIPROGRAMKAN PADA TAHUN ANGGARAN 2006. DALAM SISA WAKTU DUA MINGGU KE DEPAN, KITA MEMILIKI WAKTU UNTUK MENUNTASKAN SEGALA SESUATU YANG MENJADI TANGGUNG JAWAB MASING-MASING, DISAMPING MENYIAPKAN EVALUASI TERUTAMA TUGAS YANG BELUM DAPAT DILAKSANAKAN SECARA OPTIMAL.

          SELANJUTNYA KITA AKAN BERGIAT MENEKUNI PROGRAM-PROGRAM UNTUK TAHUN ANGGARAN 2007 TERMASUK MELAKSANAKAN TUGAS-TUGAS DARI NEGARA YANG TIDAK TERMASUK DALAM PROGRAM TAHUNAN, SEBAGAI KONSEKUENSI DARI PERKEMBANGAN LINGKUNGAN  YANG DINAMIS DAN CENDERUNG SULIT DIPREDIKSI, KHUSUSNYA YANG MEMERLUKAN KEHADIRAN TNI UNTUK MELAKSANKAN OPERASI MILITER SELAIN PERANG.

          PESERTA UPACARA SEKALIAN.

          DI TENGAH BERBAGAI KETERBATASAN PERALATAN UTAMA YANG KITA MILIKI DAN TINGKAT KESEJAHTERAAN YANG BELUM CUKUP MEMADAI, TNI TETAP DAPAT MENGAKTUALISASIKAN JATIDIRINYA MELALUI KINERJA YANG DILAKSANAKAN SECARA IKHLAS DEMI KEPENTINGAN BANGSA DAN NEGARA. NAMUN DIBALIK ITU, KITA MASIH PRIHATIN ATAS BERBAGAI PELANGGARAN YANG DILAKUKAN OKNUM TNI, YANG NYATA-NYATA BERBUAT HAL-HAL YANG KONTRAPRODUKTIF DENGAN USAHA-USAHA MENGEDEPANKAN CITRA TNI YANG BERDISIPLIN, MENGHORMATI HUKUM DAN HAK AZASI MANUSIA.

          DARI PELAKSANAAN TUGAS SELAMA SEBULAN TERAKHIR, KITA PATUT BERBANGGA KARENA TELAH DAPAT MENYELESAIKAN BEBERAPA TUGAS DENGAN BAIK. KITA TELAH BERBUAT MAKSIMAL UNTUK MEMBANTU PENANGANAN DAMPAK SEMBURAN LUMPUR PANAS DI SIDOARJO, BAHKAN HARUS KEHILANGAN TIGA ORANG PRAJURIT TERBAIK TNI OLEH KARENA ITU MARILAH KITA MENDOAKAN TIGA PRAJURIT INI, SEMOGA ARWAHNYA DITERIMA DI SISI TUHAN YANG MAHA ESA DAN KELUARGA YANG DITINGGALKANNYA DIBERIKAN KETABAHAN DAN PERLINDUNGAN DARI TUHAN YANG MAHA PENGASIH.

          SELAIN ITU TUGAS PENGAMANAN TAMU NEGARA DARI NEGARA ADIKUASA DAPAT KITA LAKSANAKAN DENGAN BAIK BERSAMA-SAMA APARAT TERKAIT SERTA BERKAT DUKUNGAN BERBAGAI PIHAK DAN MASYARAKAT. JUGA KITA AMATI, PARA PRAJURIT YANG BERTUGAS MENGAMANKAN WILAYAH PERBATASAN DAN PULAU-PULAU TERLUAR, DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH MEMPERLIHATKAN TINGKAT KESIAGAAN YANG TINGGI. BEGITU PULA DALAM MENUNJANG KELANCARAN PENYELENGGARAAN PILKADA DI PROVINSI NAD, DENGAN KETEGUHAN HATI PARA PRAJURIT TETAP MEMATUHI NORMA ATURAN DAN HUKUM YANG BERKAITAN DENGAN PESTA DEMOKRASI TERSEBUT.

            SELAIN TUGAS-TUGAS DI DALAM NEGERI. KITA JUGA TURUT BERPARTISIPASI MEMBANTU MENGATASI PERMASALAHAN YANG DIHADAPI OLEH BEBERAPA NEGARA SAHABAT, DI ANTARANYA PRAJURI TNI YANG TERGABUNG DALAM KONTINGEN GARUDA XXIII-A, SAAT INI TELAH MELAKSANAKAN MANDAT PBB MENJAGA PERDAMAIAN DI LIBANON, BERSAMA PASUKAN DARI NEGARA LAIN. DAN YANG BARU SAJA KITA LAKSANAKAN ADALAH MEMBANTU MERINGANKAN BEBAN PENDERITAAN SAUDARA KITA DI FILIPINA YANG MENJADI KORBAN AMUKAN BADAI DURIAN, TNI TELAH MENGIRIMKAN BANTUAN KEMANUSIAAN DARI PEMERINTAH DAN RAKYAT INDONESIA.

          ATAS SEMUA HASIL YANG KITA CAPAI, SAYA MENYAMPAIKAN PENGHARGAAN DAN TERIMA KASIH KEPADA SELURUH PRAJURIT DAN PEGAWAI NEGERI SIPIL TNI, BESERTA SEMUA PIHAK DAN MASYARAKAT YANG TERKAIT LANGSUNG DENGAN TUGAS-TUGAS INI.

PESERTA UPACARA YANG SAYA CINTAI

MENJELANG TAHUN 2007 MARILAH KITA SONGSONG DENGAN PENUH OPTIMISME, MENGISINYA DENGAN KARYA-KARYA YANG DAPAT MEMENUHI HARAPAN MASYARAKAT, BANGSA DAN NEGARA. SEBELUM MELAKSANAKAN TUGAS-TUGAS       PADA TAHUN BARU NANTI, SAYA MENGAJAK SEGENAP PRAJURIT DAN PEGAWAI NEGERI SIPIL TNI UNTUK MELAKUKAN INTROSPEKSI ATAS KINERJA MASING-MASING SELAMA SETAHUN TERAKHIR. HAL INI PENTING DILAKUKAN AGAR KEKURANGAN DAN KELEMAHAN DAPAT KITA PERBAIKI, SEHINGGA PADA TAHUN 2007 NANTI KINERJA KITA AKAN LEBIH BAIK TERUTAMA YANG MENYANGKUT MASALAH DISIPLIN DALAM ARTI YANG SELUAS-LUASNYA, MULAI DARI DISIPLIN KEHIDUPAN BERKELUARGA DAN BERMASYARAKAT, HINGGA KETAATAN TERHADAP ATURAN-ATURAN KEDINASAN.

IMPLEMENTASI DARI SEMUA INI, SAYA MINTA SEMUA PRAJURIT DAN PNS TNI AGAR MENJAUHKAN DIRI DARI PERBUATAN YANG TIDAK TERPUJI, YANG DAPAT MERUGIKAN DIRI SENDIRI, KELUARGA DAN INSTITUSI TNI, HINDARI PERKELAHIAN DENGAN SIAPAPUN, TERMASUK DENGAN SESAMA APARAT TNI DAN POLRI, JAUHI NARKOTIKA DAN OBAT-OBATAN TERLARANG SERTA JANGAN PERNAH TERLIBAT DALAM KEGIATAN BISNIS HARAM. SEBALIKNYA, JADILAH PANUTAN BAGI MASYARAKAT DI TEMPAT KALIAN BERADA, SEHINGGA KEHADIRAN KALIAN BENAR-BENAR DIRASAKAN MANFAATNYA BAGI MASYARAKAT LINGKUNGAN SEKITAR

PESERTA UPACARA YANG SAYA BANGGAKAN

          BERKENAN DENGAN PERAYAN NATAL PADA TANGGAL 25 DESEMBER 2006 NANTI, SAYA ATAS NAMA PIMPINAN TNI DAN SELURUH JAJARAN TNI MENGUCAPKAN ‚ÄúSELAMAT NATAL‚Ä? KEPADA PARA PRAJURIT DAN PNS TNI YANG MERAYAKANNYA.

SELANJUTNYA SEBELUM MENGAKHIRI AMANAT INI, SAYA MENILAI PENTING UNTUK MENYAMPAIKAN BEBERAPA HAL KEPADA SELURUH JAJARAN TNI DI MANAPUN BERADA UNTUK DIPEDOMANI DALAM PELAKSANAAN TUGAS KE DEPAN, SEBAGAI BERIKUT:

PERTAMA, SAAT INI KITA SUDAH MULAI MEMASUKI MUSIM PENGHUJAN, UNTUK ITU SAYA MINTA AGAR MENINGKATKAN KEWASPADAAN DAN KESIAPAN, BAIK SECARA PERORANGAN, KELUARGA DAN SATUAN, UNTUK MENGHADAPI DAMPAK BURUK DARI AKIBAT MUSIM HUJAN, YANG BIAS TIMBUL SEWAKTU-WAKTU.

KEDUA, PESTA DEMOKRASI BERUPA PEMILIHAN KEPALA DAERAH, AKAN TERUS BERLANGSUNG SECARA PERIODIK DI SETIAP DAERAH. MESKIPUN TNI TIDAK TERLIBAT LANGSUNG DALAM PELAKSANAANNYA, SAYA MINTA TNI TETAP WASPADA, AGAR TIDAK TERPANCING DALAM SUASANA HIRUK PIKUK POLITIK YANG DAPAT MEMPENGARUHI NETRALITAS TNI.

KETIGA, MASALAH HAK PILIH PRAJURIT TNI, PERADILAN MILITER DAN BISNIS TNI, MERUPAKAN ISU AKTUAL YANG PERLU DICERMATI. UNTUK TIDAK MENIMBULKAN KERAGU-KERAGUAN, SAYA MINTA KEPADA SELURUH PRAJURIT DAN PNS TNI TETAP BERPEDOMAN PADA SEMUA ARAHAN YANG TELAH DISAMPAIKAN OLEH PIMPINAN TNI SESUAI TINGKATANNYA, AGAR DALAM MELAKUKAN AKTIVITASNYA SELALU BERADA PADA REL YANG BENAR, SESUAI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU.

PARA PESERTA UPACARA SEKALIAN,

          DEMIKIAN AMANAT SAYA, SEMOGA TUHAN YANG MAHA KUASA SELALU MEMBERIKAN PETUNJUK, BIMBINGAN DAN PERLINDUNGANNYA KEPADA KITA SEMUA, DALAM MELANJUTKAN TUGAS PENGABDIAN KEPADA BANGSA DAN NEGARA.

SELAMAT BERTUGAS

 

 

PANGLIMA TNI

 

  

DJOKO SUYANTO

MARSEKAL TNI

 

Baca "Amanat" Lainnya

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

Panglima TNI Jendral Moeldoko

Pengumuman

Selasa, 9 September 2014
Rangkaian Kegiatan HUT ke-69 TNI Tahun 2014
Selasa, 9 September 2014
Tema dan Logo HUT ke-69 TNI Tahun 2014
Selasa, 5 Februari 2013
Lambang Mabes TNI Yang Baru
Kamis, 31 Mei 2012
Call Center

Polling

Informasi apa yang paling Anda butuhkan dari website ini ?

 
AGENDA KEGIATAN
pendidikan
patriot
download
download
download
persyaratan
beasiswa
PSDP
LPSE
pendidikan
innovasipanglimatni

Video TNI