Tampil Aerobatik Udara Di Indodefence
Jum`at, 9 November 2012 11:51:06 - Oleh : admin - Dibaca : 488
Home » Nasional » Tampil Aerobatik Udara Di Indodefence
Tampil Aerobatik Udara Di Indodefence

 

DISPENAU (9/11),- Pesawat helikopter jenis Colibri TNI Angkatan Udara dari Skadron Udara 7 Lanud Suryadarma Subang, yang tergabung dalam aerobatik udara  dengan nama Team Dynamic Pegasus, tampil memperagakan berbagai manuver aerobatik udara dalam event Indo Defence Expo yang digelar di Kemayoran Jakarta.

Team Dynamic Pegasus yang dipimpin Komandan Skadron Udara 7 Letkol Pnb Sapuan tersebut, melibatkan enam pesawat helikopter Colibri EC-120 B.   Sebelum tampil di Indo Defence, Team Dynamic Pegasus selama tiga minggu telah melaksanakan latihan di home base-nya Lanud Suryadarma.

Satu pesawat helikopter diawaki oleh dua penerbang masing-masing sebagai Handling Pilot dan Non Handling Pilot. Para penerbangnya berpengalaman serta memiliki ribuan jam terbang,  untuk Handling Pilot telah berkualifikasi instruktur pilot dengan jam terbang rata-rata diatas 1500 jam terbang, sedang Non handling Pilot memiliki jam terbang rata rata 1000 jam terbang.

Personel Team Dynamic Pegasus saat ini terdiri atas Pegasus 1 Letkol Pnb Sapuan dan Kapten Pnb Oktav, Pegasus 2 Mayor Pnb Tarmuji Lettu Pnb Wibowo, Pegasus 3 Mayor Pnb Anggit dan Lettu Pnb Triwanto, Pegasus 4 Mayor Pnb Yanwar dan Lettu Pnb Rio, Pegasus  5 Kapten Pnb Luky dan Kapten Pnb Zen serta Pegasus  6 Mayor Pnb Aslam dan Kapten Pnb  Buana.

Menurut Letkol Pnb Sapuan, kesulitan dalam melaksanakan manuver aerobatik adalah kondisi lapangan yang banyak gedung tinggi maka untuk mengatasinya dilakukan terbang di ketinggian 7000 sampai 1000 feet.

”Setiap jenis manuver diperlukan sekitar 10-15 kali latihan agar mampu tampil maksimal dan kendala yang sering dihadapi adalah kondisi angin.  Pesawat Colibri yang ringan sangat dipengaruhi oleh tiupan angin sehingga berpengaruh pada formasi pesawat”, jelas lulusan terbaik AAU tahun 1995 ini.

Dalam setiap penampilan, Team Dynamic Pegasus melakukan sepuluh manuver aerobatik yaitu 180 take off, Pegasus cross, Pegasus Head On, Water Fall, Spiral Dive, Wind Mill, Leader Strike, Kiss The Hummingbird, Solo Lazy dan manuver kesepuluh Sparkling Pegasus.

Team Dynamic Pegasus bersama tim aerobatik udara Jupiter Aerobatic Team (JAT) dari Skadron Pendidikan 101 Lanud Adisucipto Jogyakarta menghibur masyarakat Jakarta sejak tanggal 7 sampai 10 November. Hari ini Kamis (8/11) Team Dynamic Pegasus memeriahkan langit Jakarta pukul 14.00 wib, tanggal 9 November pukul 11.00 wib dan tanggal 10 November pukul 11.00 dan 14.00 WIB.

Team Dynamic Pegasus tampil pertama kali pada saat pelaksanaan Bandung Air Show tahun 2010, Penampilan kedua pada Gebyar Dirgantara di Lanud Halim Perdanakusuma tahun 2011. Sedang penampilan ketiga saat 9 April 2012 pada peringatan HUT TNI Angkatan Udara ke-66 di Lanud Halim Perdanakusuma dan keempat pada Bandung Air Show 2012 di Bandung.

Team Dynamic Pegasus TNI Angkatan Udara ini merupakan tim aerobatik pertama yang menggunakan pesawat helikopter di kawasan Asia Tenggara.    Sementara di negara lain yang memiliki tim aerobatik helikopter antara lain Spanyol dengan nama Patrulla dan dan India  dengan nama Sarang.       

Baca "Nasional" Lainnya

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

Panglima TNI Jendral Moeldoko

Pengumuman

Polling

Informasi apa yang paling Anda butuhkan dari website ini ?

 
AGENDA KEGIATAN
pendidikan
patriot
download
download
download
persyaratan
beasiswa
PSDP
LPSE
pendidikan

Video TNI