Seminar Strategi Operasi Seskoau: Antisipasi Perang Modern, TNI AU Sambut UAV
Jum`at, 23 November 2012 14:09:57 - Oleh : admin - Dibaca : 490
Home » Internal » Seminar Strategi Operasi Seskoau: Antisipasi Perang Modern, TNI AU Sambut UAV
Seminar Strategi Operasi Seskoau: Antisipasi Perang Modern, TNI AU Sambut UAV

SESKOAU (23/11),- Komandan Seskoau Marsekal Muda TNI Sudipo Handoyo secara resmi membuka seminar sehari Bidang Strategi Operasi tahun 2012 dengan tema Pemanfaatan Skadron Udara Pesawat Tanpa Awak Dalam Rangka Mendukung Tugas TNI” di Bangsal Srutasala Seskoau, Lembang Bandung Barat, Kamis (22/11). Seminar merupakan program Direktorat Pengkajian Strategi Operasi Seskoau tahun 2012 dalam mengkaji berbagai aspek pembentukan Skadron Pesawat Tanpa Awak  (UAV/Unmanned Aerial Vehicle) yang rencananya akan ditempatkan di Lanud Supadio, untuk mendukung tugas-tugas TNI dalam operasi militer perang, tidak beberapa lama lagi.    

Dalam sambutannya Danseskoau mengatakan melalui seminar strategi operasi diharapkan dapat disepakati bersama solusi berbagai perangkat lunak yang diperlukan untuk membantu operasional Pesawat Tanpa Awak di jajaran TNI Angkatan Udara dengan optimal.   Ditambahkan Danseskoau seminar diharapkan membahas juga strategi dan taktik TNI Angkatan Udara dalam memperkuat pertahanan wilayah udara nasional maupun untuk kepentingan nasional lainnya. 

Seminar menghadirkan 3 (tiga) pemrasaran yaitu Dr Andi Wijayanto, Dr Connie Rahakundie Bakrie, akademisi dari Universitas Indonesia dan Drs M. Dahsyat, MM dari BPPT. Pada sesi pertama Dr Andi Wijayanto mengetengahkan judul “Unmanned Aerial System”, menyoroti masa depan UAV dalam organisasi militer negara-negara dunia yang kian canggih. Menurut Andi, UAV akan berkembang menjadi network system yang kemampuannya melampaui sistem senjata yang dipergunakan TNI saat ini.

Sedangkan Dr Connie Rahakundie Bakrie mengetengahkan tema, “Tantangan Pembentukan Pemanfaatan Skadron UAV dan Ancaman ke Depan”, membahas segi-segi praktis seperti UAV di TNI untuk tugas apa saja, bagaimana wewenang lembaga negara terkait dan lainnya. Terakhir Drs. M. Dahsyat, MM menyampaikan tema “Penguasaan Teknologi UAV untuk Masa Depan”, mengupas tentang kiprah BPPT dan perkembangan industri dalam negeri dalam kegiatan rekayasa UAV.    

          Seminar diisi dengan tanya jawab dengan peserta seminar yang terdiri dari pejabat Mabes TNI AU terkait, pejabat TNI AU Bandung dan sekitarnya, dosen dan Perwira Penuntun Seskoau serta undangan dari PT. Dirgantara Indonesia, Universitas Nurtanio dan lainnya. Usai pemaparan Danseskoau menyerahkan cinderamata kepada para pemrasaran. Sebagai acara pamungkas Danseskoau mengetok palu, sebagai tanda berakhirnya seminar.   

Baca "Internal" Lainnya

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

Panglima TNI Jendral Moeldoko

Pengumuman

Selasa, 5 Februari 2013
Lambang Mabes TNI Yang Baru
Kamis, 31 Mei 2012
Call Center

Polling

Informasi apa yang paling Anda butuhkan dari website ini ?

 
AGENDA KEGIATAN
pendidikan
patriot
download
download
download
persyaratan
beasiswa
PSDP
LPSE
pendidikan

Video TNI