Siswa Pusdikes Latihkan Evakuasi Korban Nuklir Biologi Kimia
Selasa, 27 November 2012 12:38:15 - Oleh : admin - Dibaca : 475
Home » Internal » Siswa Pusdikes Latihkan Evakuasi Korban Nuklir Biologi Kimia
Siswa Pusdikes Latihkan Evakuasi Korban Nuklir Biologi Kimia

KOBANGDIKAL (27/11),- Sebanyak 120 siswa Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikkes) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal) begitu antusias laksanakan Latihan Praktek (Lattek) Kesehatan Evakuasi Korban Nuklir Biologi dan Kimia (Nubika), Senin, (26/11).

Lattek gabungan kesehatan yang diselenggarakan di Pusat Penyelamatan Kapal Nuklir Biologi dan Kimia (Puspeknubika) Kobangdikal tersebut, merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan latihan Bersama Siswa Pusdikkes dengan sandi Yudha Yale Husada 12-5.

Dari jumlah 120 siswa tersebut terdiri 31 siswa Pendidikan Spesialisasi Perwira Kesehatan (Dikspespakes) Angkatan X, 22 Siswa Pendidikan Pertama Kesehatan (Dikmapakes) Angkatan XVI, 40 siswa Pendidikan Kesehatan Tamtama Prajurit Karier (Dikkesta PK) dan Pendidikan Pertama Tamtama Asisten Para Medis (Dikmata APM) Sekesal Surabaya serta 27 siswa Pendidikan Kesehatan Tamtama Perawat Gigi (Dikesta PRG) dan Dikesta PK Asisten Para Medis (APM) Sekesal Makasar

Menurut Komandan Pusdikes Kolonel Laut (K) I.G.K Asmarabawa, S.Km, M.M, Lattek di Puspeknubika tersebut merupakan rangkaian problem laut dengan simulasi evakuasi Korban luka bakar derajat 1 dan korban luka bakar derajat tiga akibat pengaruh Nuklir, Biologi dan Kimia.

“Selain luka bakar dalam Lattek ini juga disimulasikan Lattek evakuasi pada problem penanganan korban nyaris tenggelam kondisi kritis, evakuasi korban tenggelam di laut kondisi kritis dan peran peninggalan kapal saat tenggelam,” terangnya.

Selain problem laut lanjutnya dalam Lattek ini, juga dilatihkan problem pangkalan seperti penanganan luka tusuk dan robek, korban cidera kepala berat, cidera open fracture os femur sinistra 1/3 distal dan korban luka kaki ringan.

Adapun tujuan akhir dari Lattek ini, adalah setiap siswa diharapkan memiliki keterampilan perorangan dan kelompok dalam menerapkan materi pelajaran kesehatan lapangan berupa evakuasi korban pertempuran, baik dipangkalan maupun saat melakukan lintas laut serta evakuasi kesehatan yang behubungan pada operasi amfibi.

Baca "Internal" Lainnya

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

Panglima TNI Jendral Moeldoko

Pengumuman

Polling

Informasi apa yang paling Anda butuhkan dari website ini ?

 
AGENDA KEGIATAN
pendidikan
patriot
download
download
download
persyaratan
beasiswa
PSDP
LPSE
pendidikan

Video TNI