TNI Rekrut Lulusan Sarjana Untuk Jadi Perwira TNI
Kamis, 13 Desember 2012 14:29:21 - Oleh : admin - Dibaca : 16174
Home » Nasional » TNI Rekrut Lulusan Sarjana Untuk Jadi Perwira TNI
TNI Rekrut Lulusan Sarjana Untuk Jadi Perwira TNI

PUSPEN TNI (13/12),- Tentara Nasional Indonesia sangat menghargai, mengapresiasi dan mewadahi cita-cita generasi muda dalam mendarma bhaktikan diri pada bangsa dan negara melalui prajurit TNI. Demikian disampaikan Asisten Personel (Aspers) Panglima TNI Marsda TNI Bambang Wahyudi, S.IP, selaku Ketua Panitia Pusat Penerimaan Perwira Prajurit Karier (Pa PK) TNI tahun 2012 dalam amanatnya yang dibacakan oleh Paban I Ren/Spers TNI Kolonel Inf Herman Waluyo ketika memberikan pembekalan kepada 200 calon Perwira TNI (156 pria dan 44 wanita), bertempat di Pusat Pendidikan (Pusdik) Secapa AD, Lembang Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/12).

Penerimaan perwira TNI lulusan perguruan tinggi (Pa PK) diarahkan untuk mengisi jabatan yang membutuhkan kualifikasi sesuai dengan jurusan atau program studinya, sebagai contoh kedokteran, teknik, hukum, psikologi, akuntansi, agama dan lain-lain yang tidak didapatkan dari sumber perwira lulusan Akademi TNI maupun dari Sekolah Calon Perwira (Secapa) yang bersumber dari Bintara”, lanjut Aspers Panglima TNI.

“TNI dalam setiap penerimaan prajurit akan selalu memperhatikan aspek kualitas dan kuantitias. Aspek Kualitas, prajurit TNI harus mampu melaksanakan tugasnya secara profesional yang didukung dengan mental kepribadian, kesehatan dan kesamaptaan jasmani yang proporsional. Oleh karena itu, dalam proses rekrutmen prajurit selalu dilaksanakan seleksi yang ketat sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan dengan tujuan untuk mendapatkan seorang calon prajurit yang berkualitas. Aspek Kuantitas, penerimaan prajurit dapat mengisi pengawakan organisasi TNI baik secara jumlah maupun kualifikasi personel sesuai dengan perencanaan kebutuhan personel”, ujar Marsda TNI Bambang Wahyudi.

Animo generasi muda yang bercita-cita menjadi prajurit TNI sangat besar, hal ini dapat terlihat dari jumlah pendaftar dari seluruh Indonesia yang telah diverifikasi mencapai 1.459 orang (1.349 Pria dan 110 Wanita), kemudian setelah mempertimbangkan hasil pemeriksaan dan pengujian tingkat daerah serta melalui rapat koordinasi antara Spers TNI dan Spers Angkatan, diputuskan yang dipanggil untuk mengikuti seleksi tingkat pusat sebanyak 200 orang.

Pada penerimaan tahun 2012, TNI membutuhkan sebanyak 128 orang untuk dididik menjadi Perwira Prajurit Karier TNI dengan rincian TNI AD sebanyak 48 orang (42 pria dan 6 wanita), TNI AL 40 orang (35 pria dan 5 wanita) serta TNI AU 40 orang (32 pria dan 8 wanita).

Aspers Panglima TNI menegaskan terkait dengan proses penerimaan prajurit TNI, diantaranya : dalam kegiatan seleksi untuk menjadi prajurit TNI mulai dari tingkat daerah sampai dengan tingkat pusat tidak dipungut biaya apapun. Sponsorship atau surat rekomendasi pejabat atau bentuk lain yang bersifat nepotisme tidaklah berlaku dalam kegiatan penerimaan prajurit TNI, karena kelulusan hanya didasarkan kepada hasil pemeriksaan/pengujian sesuai standar yang berlaku dan alokasi kebutuhan jurusan program studi tiap-tiap angkatan.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Marsda TNI Bambang Wahyudi mengharapkan kepada seluruh calon agar memperhatikan beberapa hal ; Pertama, taati dan laksanakan kegiatan seleksi dengan sebaik-baiknya sesuai petunjuk dari tim pemeriksa/penguji, setpanpus serta pengasuh sehingga kegiatan seleksi dapat berjalan dengan baik dan lancar. Kedua, bangun komunikasi dan interaksi sosial dengan baik sesama calon yang datang dari beragam latar belakang suku, agama, budaya, pendidikan maupun status sosial sehingga menimbulkan semangat rasa kebersamaan dan persaingan secara sehat. Ketiga, jangan melakukan kegiatan yang merugikan diri sendiri seperti berkelahi, mencuri dan hal-hal lainnya yang berakibat fatal dan akhirnya dipulangkan secara langsung oleh panitia pusat tanpa menunggu proses seleksi selesai.

Baca "Nasional" Lainnya

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

Panglima TNI Jendral Moeldoko

Pengumuman

Selasa, 5 Februari 2013
Lambang Mabes TNI Yang Baru
Kamis, 31 Mei 2012
Call Center

Polling

Informasi apa yang paling Anda butuhkan dari website ini ?

 
AGENDA KEGIATAN
pendidikan
patriot
download
download
download
persyaratan
beasiswa
PSDP
LPSE
pendidikan

Video TNI