Tantangan Tugas Kowil Semakin Kompleks dan Dinamis
Rabu, 6 Maret 2013 14:24:05 - Oleh : admin - Dibaca : 362
Home » Internal » Tantangan Tugas Kowil Semakin Kompleks dan Dinamis
Tantangan Tugas Kowil Semakin Kompleks dan Dinamis

KODAM III/SILIWANGI (6/3),- Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Moeldoko mengungkapkan keberadaan Komando Kewilayahan mulai dari Kodam sampai dengan Babinsa pada hakikatnya merupakan bagian dari gelar kekuatan TNI Angkatan Darat yang bertugas pokok menyiapkan kekuatan untuk menjaga keutuhan wilayah dan menegakkan kedaulatan negara serta melindungi segenap bangsa Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Wakasad saat memberikan pengarahan kepada 75 perserta Kursus Komandan Kodim (Susdandim) di Gedung Ahmad Yani Pusdikter Jalan Gadobangkong Kab. Bandung Barat, Senin (4/3).

Lebih lanjut Wakasad menjelaskan bahwa tantangan tugas Kowil ke depan semakin kompleks dan dinamis, dihadapkan berbagai persoalan aktual dan faktual yang timbul seperti konflik komunal, konflik horizontal, aksi separatisme, aksi terorisme, demo anarkhis, bencana alam dan peningkatan suhu politik menjelang Pemilu tahun 2014, yang dapat berpotensi mengganggu stabilitas keamanan di wilayah.

Wakasad menekankan agar Kowil melakukan penanganan permasalahan teritorial di wilayah tugasnya secara cepat, cermat, cerdas, responsif, akomodatif, lintas sektoral, transparan dan berdasarkan prosedur hukum dan Hak Azazi Manusia (HAM).

Diungkapkannya pula dengan terbitnya Inpres No 2 Tahun 2013 tentang Penanganan Gangguan Keamanan dan MoU antara TNI dan POLRI, maka Apkowil harus berani dan tidak ragu-ragu bertindak mencegah konflik yang berkembang di masyarakat serta dalam mengatasi setiap permasalahan yang berkaitan dengan keamanan di wilayahnya

Wakasad juga meminta agar para siswa calon Dandim meningkatkan penguasaan wilayah aspek geografi, demografi dan kondisi sosial, serta melalukan antisipasi terhadap setiap perkembangan situasi yang dapat mengganggu stabilitas keamanan di wilayah tanggungjawab masing-masing serta meningkatkan kontribusi TNI AD dalam pembangunan melalui kerjasama dengan Kementerian/LPNK dan Pemda.

Hadir dalam acara tersebut Dankodiklat TNI AD Letjen TNI Gatot Nurmantyo, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Sonny Widjaja, Danseskoad, Danpusterad Mayor Jenderal TNI Indra Hidayat R, Aster Kasad Mayjen TNI Bachtiar dan Waaster Kasad Brigjen TNI Abdul Kadir Sultan serta para pejabat Angkatan Darat lainnya.

Baca "Internal" Lainnya

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

Panglima TNI Jendral Moeldoko

Pengumuman

Selasa, 5 Februari 2013
Lambang Mabes TNI Yang Baru
Kamis, 31 Mei 2012
Call Center

Polling

Informasi apa yang paling Anda butuhkan dari website ini ?

 
AGENDA KEGIATAN
patriot
download
download
download
persyaratan
beasiswa
PSDP
LPSE
pendidikan

Video TNI