LATIHAN BERSAMA PASUKAN KATAK TNI AL DENGAN US NAVY SEAL
Jum`at, 9 Februari 2007 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 1475
Home » Diklat » LATIHAN BERSAMA PASUKAN KATAK TNI AL DENGAN US NAVY SEAL
LATIHAN BERSAMA PASUKAN KATAK TNI AL DENGAN US NAVY SEAL

          Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Moekhlas Sidik, MPA secara resmi membuka latihan bersama antara Satuan Pasukan Katak (Satpaska) TNI Angkatan Laut dengan Pasukan Katak Amerika Serikat (US Navy Seal) yang bertajuk ?Small Unit Tactical Joint Combined Exchange for Training (JCET) Flash Iron 07-03? tahun 2007 di Actions Speed Tactical Trainning (ASTT) Kolatarmatim, Ujung, Surabaya, Kamis (8/2).

          Dalam amanat tertulis yang dibacakan Pangarmatim, Asisten Operasi Kasal Laksamana Muda TNI Adi Prabawa, S.Ip. M.M. mengatakan bahwa latihan bersama ini menitikberatkan pada peningkatan kemampuan prajurit TNI AL khususnya dalam menghadapi aksi teror di rawa, sungai dan laut. 

         Berbagai bentuk kejahatan, pelanggaran dan teror  yang sering terjadi akhir-akhir ini, baik yang terjadi di darat, laut maupun udara oleh sekelompok teroris dan sindikat internasional merupakan tantangan khususnya bagi TNI dan umumnya bagi bangsa dan negara Indonesia. ?Apabila hal ini terus terjadi dan tidak diatasi tentunya akan sangat berpengaruh negatif kepada pembangunan ekonomi secara global dan akhirnya dapat menurunkan citra bangsa di mata dunia internasional,? ungkap  Asops Kasal. 

         ?Issue kejahatan dan pelanggaran di Selat Malaka baik perampokan, illegal loging, penyelundupan dan pencurian kekayaan alam adalah merupakan tantangan buat TNI AL. Bagaimana menyelesaikan masalah tersebut, tentunya dibutuhkan kerjasama oleh berbagai pihak dengan TNI AL sebagai inti di dalamnya,? katanya. 

         Pada bagian lain, Pangarmatim mengatakan bahwa latihan ini sudah berlangsung lama tetapi sempat terputus beberapa waktu lalu, namun sejak tahun 2005 dibuka kembali latihan bersama antara US Navy Seal dengan Kopaska.  ?Kita sangat bersyukur karena peningkatan kemampuan ini sangat dibutuhkan. US Navy Seal merupakan pasukan yang sudah sangat teruji di lapangan, oleh karena itu banyak ilmu yang bisa kita ambil.? ungkap  Pangarmatim.        

         Seiring dengan berkembangnya peralatan, ilmu pengetahuan dan teknologi, peperangan anti teror di laut selalu mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Taktik maupun teknologi akan mengikuti pada jamannya. ?Apabila mereka memberikan kemampuan baru akan sangat bermanfaat karena kita masih mempunyai banyak area-area khusus (hot spot) yang perlu kita hadapi dengan cara-cara pasukan khusus, antara lain Selat Malaka,? tambah Pangarmatim. 

         Latihan bersama ini merupakan  wujud dari peningkatan kerjasama bilateral kedua negara dan sekaligus untuk meningkatkan profesionalisme prajurit sebagai pasukan yang berkualifikasi peperangan laut khusus dalam hal ini penanggulangan teror aspek laut. Tema latihan adalah ?Dengan latihan FLASH IRON 07-3 Th. 2007 kita tingkatkan kerjasama dan profesionalisme kedua satuan khusus guna menghadapi tugas-tugas penanggulangan teror aspek laut?. 

         Latihan yang digelar untuk ketiga kalinya ini menurut koordinator latihan Letkol Laut (E) M. Faisal yang juga sebagai Komandan Satuan Pasukan Katak Koarmatim akan berlangsung hingga 23 Februari nanti dengan melibatkan 194 personel, satu KRI, satu helikopter dan satu pesawat Cassa. Latihan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapsiagaan Satpaska dalam melaksanakan Maritime Interdictions Operation (MIO) baik dari aspek laut, aspek taktik, teknik, prosedur, aspek psikologis serta aspek penelitian dan pengembangan. 

         Sedangkan sasaran latihan adalah meningkatnya kemampuan baik perseorangan maupun satuan untuk mengaplikasikan prosedur tetap yang ada sehingga tercipta kesiapsiagaan operasional serta terciptanya hubungan emosional yang harmonis dan saling pengertian di antara para peserta latihan dari kedua negera serta terciptanya semangat kebersamaan dan kebanggaan sebagai satuan khusus yang berkualifikasi peperangan laut khusus. 

         Materi latihan yang disampaikan meliputi pelajaran kelas dan praktek langsung di lapangan, yaitu Mission planning (perencanaan misi), Medical treatment (teknik pengobatan sendiri), Markmanship for MIO (teknik penggunaan senjata), Closed quarter combat (pertempuran jarak dekat), Ship movement (gerakan di atas kapal), Visit board search seizure (penghentian dan pemeriksaan kapal di laut) serta Rivine and swamp operation (taktik tempur sungai dan rawa).

Baca "Diklat" Lainnya

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

Panglima TNI Jendral Moeldoko

Pengumuman

Minggu, 12 Oktober 2014
PENERIMA PENGHARGAAN INOVASI PANGLIMA TNI 2014
Selasa, 5 Februari 2013
Lambang Mabes TNI Yang Baru
Kamis, 31 Mei 2012
Call Center

Polling

Informasi apa yang paling Anda butuhkan dari website ini ?

 
AGENDA KEGIATAN
pendidikan
patriot
download
download
download
persyaratan
beasiswa
PSDP
LPSE
pendidikan

Video TNI