Sabotase Objek Vital dan Combat Swimer
Kamis, 28 Maret 2013 14:50:52 - Oleh : admin - Dibaca : 938
Home » Latihan Gabungan TNI » Sabotase Objek Vital dan Combat Swimer
Sabotase Objek Vital dan Combat Swimer

ARMATIM (28/3),- Komando Pasukan Katak (Kopaska) adalah pasukan elite yang dimiliki TNI AL yang mempunyai keahlian khusus dalam bidang tempur dan sabotase bawah air. Pasukan khusus TNI AL ini terdiri dari dua satuan, satu berada di Koarmatim, Ujung, Surabaya dan satu lagi berada di bawah Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) yang bermarkas di Pondok Dayung Jakarta Utara.

Dalam rangkaian latihan K3 Kopaska, Selasa (26/03) menggelar Latihan Sabutase Objek Vital dan Combat Swimmer di wilayah Jembatan Suramadu Surabaya. Latihan  dipimpin langsung oleh Perwira Staf Operasi (Pasops) Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmatim Letkol Laut (P)  Srigunanto.

Latihan K3 ini melibatkan 152 personil yang terdiri dari enam Tim Kopaska dan pendukung. Selain itu juga melibatkan personil Badan Pengelola Wilayah Surabaya (BPWS) jembatan Suramadu, Kepolisian dan jasa marga Surabaya.

Adapun peralatan dan senjata yang digunakan dalam latihan ini berupa dua unit kendaraan tempur air cepat atau Sea Rider dan Combat Boat serta empat unit Perahu Karet. Jenis senjata yang dipakai antara lain senapan serbu MP-5, M-4, Sniper AW, APS, dan pistol Sig Sauer.

Latihan tempur K3 pada tahap Full Tactical Exercise (FTX) juga menggunakan Bahan Peledak (Handak) jenis TNT dan Power Gel untuk latihan peledakan atau demolisi. Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tempur prajurit Kopaska Koarmatim serta menjalin koordinasi dengan instansi terkait dalam melaksanakan tugas Pengamanan Obyek Vital Nasional yang berada di wilayah Jawa Timur.

Baca "Latihan Gabungan TNI" Lainnya

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

Panglima TNI Jendral Moeldoko

Pengumuman

Polling

Informasi apa yang paling Anda butuhkan dari website ini ?

 
AGENDA KEGIATAN
pendidikan
patriot
download
download
download
persyaratan
beasiswa
PSDP
LPSE
pendidikan

Video TNI