Prinsip TNI AD "Bela Yang Benar, Hukum Yang Salah"
Jum`at, 17 Mei 2013 15:30:25 - Oleh : admin - Dibaca : 1361
Home » Upacara dan Tradisi TNI » Prinsip TNI AD "Bela Yang Benar, Hukum Yang Salah"
Prinsip TNI AD

KODAM VI/MULAWARMAN (17/5),- Upacara Bendera tujuh belasan bulan Mei yang diikuti oleh seluruh prajurit Kodam VI/Mulawarman baik Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS dari jajaran satuan yang ada di wilayah Balikpapan berlangsung di halaman Makodam VI/Mulawarman berjalan dengan hikmat, tertib dan lancar. Bertindak selaku Inspektur Upacara Kasdam VI/Mulawarman Brigjen TNI Wiyarto, S.Sos, Jumat, 17 Mei 2013.

Dalam amanat tertulis Kepala Staf Angkatan Darat yang dibacakan oleh Kasdam VI/Mulawarman mengatakan bahwa upacara bendera tujuh belasan pada bulan Mei ini terasa sangat istimewa, karena Insya Allah pada bulan ini juga, saya akan menyerahkan tugas, wewenang dan tanggung jawab jabatan Kasad kepada pejabat yang baru, mengingat pada akhir bulan ini saya akan memasuki masa purna tugas sebagai Prajurit. Oleh sebab itu, pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan beberapa atensi, pesan dan harapan sekaligus berpamitan kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI Angkatan Darat".

Sebagaimana dipahami bahwa pembangunan kekuatan, kemampuan dan gelar kekuatan TNI Angkatan Darat sebagai komponen utama pertahanan Negara di Darat merupakan proses yang harus dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan sesuai Renstra Angkatan Darat Tahun 2010-2014. Pembangunan tersebut diarahkan untuk mewujudkan Kekuatan Pokok Minimum (Minimum Essential Force) TNI Angkatan Darat secara bertahap sebagaimana yang telah digariskan dalam Kebijakan Umum Pertahanan Negara.

Selain itu, untuk mencegah dan mengantisipasi kemungkinan berbagai gejolak sosial yang saat ini marak terjadi dan sering berujung anarkhis, saya tekankan agar para unsur Dansat di wilayah dapat membantu tugas pemerintah di daerah. Dengan dikeluarkannya Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2013 tentang penanganan gangguan keamanan dalam negeri, yang diikuti dengan Nota Kesepahaman Bersama (MoU) antara TNI dan Polri Nomor B/4/I/2013 dan B/360/I/2013 tentang Perbantuan TNI kepada Polri dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, maka seluruh satuan jajaran TNI Angkatan Darat harus proaktif dan melakukan langkah-langkah antisipatif.

Dengan payung hukum tersebut, Dansatkowil tidak perlu ragu dan takut untuk bertindak dan memberikan bantuan kepada Polri guna mencegah terjadinya konflik yang lebih luas ditengah masyarakat. Kuncinya adalah melakukan sinergitas dan koordinasi secara terpadu dan intensif antar segenap komponen bangsa dan aparat keamanan di wilayah masing-masing. Semakin kuat keterpaduan dan koordinasi yang dilakukan, maka upaya yang ditempuh dalam mengatasi segala permasalahan di daerah akan semakin efektif.

Pada bulan Mei ini, ada 2 (dua) kegiatan besar yang sedang dilakukan oleh TNI, termasuk TNI Angkatan Darat. Pertama, kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-90, yang dibuka secara serentak di 61 wilayah Kabupaten/Kota di Indonesia beberapa hari lalu. Kedua, Latihan Gabungan TNI yang dilaksanakan sejak tanggal 6 Mei 2013. Latgab TNI tersebut dilaksanakan di berbagai daerah sesuai dengan skenario latihan, yaitu di Asembagus Jawa Timur, Sangatta Kaltim, dan Bima NTB yang akan berakhir pada tanggal 24 Mei 2013 mendatang.

Usai pelaksanaan upacara tujuh belasan dilanjutkan dengan pembagian Tropi dan Piala serta uang pembinaan kepada pemenang pertama lomba Parade dan Defile diraih oleh kelompok SSK II Yonif 600/Raider sedangkan pemenang kedua diraih oleh SSK X Denkav 1 / Macan Tutul dan pemenang ketiga diraih oleh SSK VIII gabungan Denmadam, Paldam, Sandidam, Setumdam, Puskodaldam dan Pendam.

Sedangkan pembagian Tropi dan Piala serta uang pembinaan kepada pemenang pertama lomba Yong Moo Do diraih oleh kelompok SSK II Yonif 600/ Raider sedangkan pemenang kedua diraih oleh SSK X Denkav 1 / Macan Tutul dan pemenang ketiga diraih oleh SSK VII gabungan Minvetcaddam, Kudam, Kumdam, Zidam, Jasdam, Bintaldam dan Kesdam.

 

Baca "Upacara dan Tradisi TNI" Lainnya

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

Panglima TNI Jendral Moeldoko

Pengumuman

Polling

Informasi apa yang paling Anda butuhkan dari website ini ?

 
AGENDA KEGIATAN
pendidikan
patriot
download
download
download
persyaratan
beasiswa
PSDP
LPSE
pendidikan

Video TNI