TUGAS TNI SESUAI PASAL 7 AYAT (1) UNDANG – UNDANG NO 34 TAHUN 2004
Rabu, 7 Maret 2007 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 4971
Home » Penpas » TUGAS TNI SESUAI PASAL 7 AYAT (1) UNDANG – UNDANG NO 34 TAHUN 2004

TNI sebagai alat negara di bidang pertahanan memiliki tugas yang harus diemban.  Sesuai  dengan Undang-Undang Nomor. 34 tahun 2004 tentang TNI pasal 7 ayat (1), tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang  Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Yang dimaksud dengan menegakkan kedaulatan negara adalah mempertahankan kekuasaan negara untuk melaksanakan pemerintahan sendiri yang bebas dari ancaman. 

Yang dimaksud dengan menjaga keutuhan wilayah adalah mempertahankan kesatuan wilayah kekuasaan negara dengan segala isinya, di darat, laut, dan udara yang batas-batasnya ditetapkan dengan undang-undang.   

Yang dimaksud dengan melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah adalah melindungi jiwa, kemerdekaan, dan harta benda setiap warga negara.

Ancaman dan gangguan  terhadap keutuhan bangsa dan negara, antara lain  sebagai berikut :

a. Agresi berupa penggunaan kekuatan bersenjata oleh negara lain terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan, segenap bangsa atau dalam bentuk dan cara-cara, antara lain : Invasi berupa penggunaan kekuatan bersenjata; Bombardemen berupa penggunaan  senjata lainnya; Blokade pelabuhan, pantai, wilayah udara, atau seluruh   wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; Serangan bersenjata negara lain terhadap unsur satuan darat, laut, dan udara; Keberadaan atau tindakan unsur kekuatan bersenjata asing dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang bertentangan dengan ketentuan perjanjian yang telah disepakati; Tindakan suatu negara yang mengizinkan penggunaan wilayahnya oleh negara lain untuk  melakukan agresi atau invasi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia; Pengiriman kelompok bersenjata atau tentara bayaran untuk melakukan tindakan kekerasan di wilayah   Negara Kesatuan Republik Indonesia; Ancaman lain yang ditetapkan oleh presiden.

b.  Pelanggaran wilayah yang dilakukan oleh negara lain.

c. Pemberontakan bersenjata, yaitu suatu gerakan bersenjata yang melawan pemerintah yang sah.

d. Sabotase dari pihak  tertentu untuk merusak instalasi  penting dan objek vital nasional.

e. Spionase yang dilakukan oleh negara lain untuk mencari dan mendapatkan rahasia militer.

f. Aksi teror bersenjata yang dilakukan oleh teroris internasional atau bekerja sama dengan teroris dalam negeri atau oleh  teroris dalam negeri.

g. Ancaman keamanan di laut atau udara yurisdiksi nasional Indonesia, yang dilakukan pihak-pihak tertentu, dapat berupa : Pembajakan atau perompakan; Penyelundupan senjata, amunisi, dan  bahan peledak atau bahan lain yang  dapat membahayakan keselamatan bangsa; Penangkapan ikan secara ilegal atau pencurian kekayaan di laut.

h. Konflik komunal yang terjadi antar kelompok masyarakat yang dapat membahayakan  keselamatan bangsa.

Baca "Penpas" Lainnya

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

Panglima TNI Jendral Moeldoko

Pengumuman

Minggu, 12 Oktober 2014
PENERIMA PENGHARGAAN INOVASI PANGLIMA TNI 2014
Selasa, 5 Februari 2013
Lambang Mabes TNI Yang Baru
Kamis, 31 Mei 2012
Call Center

Polling

Informasi apa yang paling Anda butuhkan dari website ini ?

 
AGENDA KEGIATAN
pendidikan
patriot
download
download
download
persyaratan
beasiswa
PSDP
LPSE
pendidikan

Video TNI