Angkatan Laut Amerika Serikat dan TNI AL Gelar Latihan Bersama
Rabu, 22 Mei 2013 14:48:08 - Oleh : admin - Dibaca : 894
Home » Latihan Gabungan TNI » Angkatan Laut Amerika Serikat dan TNI AL Gelar Latihan Bersama
Angkatan Laut Amerika Serikat dan TNI AL  Gelar Latihan Bersama

DISPENAL (22/5),-  TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut Amerika Serikat (United State Pacific Command/USPACOM) menggelar latihan bersama dengan nama sandi CARAT  (Cooperation Afloat Readiness and Training) 2013, yang akan dilaksanakan pada 21 s.d. 28 Mei 2013. Latihan yang dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Marsetio ini merupakan kerangka kerjasama bilateral antara Indonesia dengan Amerika Serikat,  khususnya Angkatan Laut kedua Negara.

Dalam latihan bersama antara Indonesia dan Amerika ini juga akan laksanakan kegiatan bakti sosial dan pembangunan, antara lain : rumah tahan gempa yang dibangun di daerah Tanjung Pasir, Tangerang, Provinsi Banten, sedangkan pada sisi teknologi militer  adalah pelaksanaan uji coba pengoperasian/penerbangan Pesawat Tanpa Awak milik US Navy.

Kasal mengatakan bahwa jumlah pasukan dari TNI AL dan Angkatan Laut Amerika sekitar 4.500 hingga 5.000 personil yang akan terlibat dalam Latihan ini. Unsur TNI Angkatan Laut yang akan terlibat dalam CARAT 2013 antara lain KRI Oswald Siahaan-354, KRI Sultan Iskandar Muda-367, pasukan Korps Marinir TNI AL, Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar), dan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal III) Jakarta. Sedangkan unsur kekuatan Amerika Serikat yang akan ikut serta antara lain USS Tortuga LSD-46, USNS Safeguard  T-ARS 50, dan USS Charles Momsen DDG-932.

Latihan bersama dengan sandi CARAT 2013, yang dilaksanakan setiap tahun oleh TNI Angkatan Laut bersama Angkatan Laut Amerika, bertujuan guna meningkatkan kerjasama Internasional khususnya di bidang pertahanan, antara Angkatan Laut kedua Negara dalam menambah profesionalisme prajurit, dihadapkan pada perkembangan tuntutan dan dinamika tugas ke depan yang semakin kompleks, khususnya terkait masalah keamanan di wilayah perairan.

Turut hadir dalam acara pembukaan Latihan Bersama tersebut, Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Kristen F. Bauer, para Asisten Kasal para Panglima Komando Utama TNI AL wilayah Barat, para Komandan Pangkalan Angkatan Laut, serta Pejabat terkait lainnya.  

Baca "Latihan Gabungan TNI" Lainnya

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

Panglima TNI Jendral Moeldoko

Pengumuman

Selasa, 5 Februari 2013
Lambang Mabes TNI Yang Baru
Kamis, 31 Mei 2012
Call Center

Polling

Informasi apa yang paling Anda butuhkan dari website ini ?

 
AGENDA KEGIATAN
pendidikan
patriot
download
download
download
persyaratan
beasiswa
PSDP
LPSE
pendidikan

Video TNI