Sosialisasi Peraturan Bersama Menteri Keuangan dan Menteri Pertahanan RI
Jum`at, 21 Juni 2013 10:25:58 - Oleh : admin - Dibaca : 200
Home » Internal » Sosialisasi Peraturan Bersama Menteri Keuangan dan Menteri Pertahanan RI
Sosialisasi Peraturan Bersama Menteri Keuangan dan Menteri Pertahanan RI

KODAM II/SRIWIJAYA (21/6),- Sosialisasi yang dilaksanakan merupakan tindak lanjut dari penandatanganan peraturan bersama antara Menteri Keuangan dan Menteri Pertahanan, sebagai upaya untuk mewujudkan pengelolaan keuangan yang sesuai dengan tata kelola keuangan yang diamanatkan oleh tiga paket UU di bidang Keuangan Negara yaitu UU Keuangan Negara, UU Perbendaharaan Negara, dan UU Akuntabilitas Pelaporan Keuangan Negara.

Sosialisasi ini dilaksanakan guna membekali para personel yang akan mengawaki pelaksanaan anggaran belanja negara, dengan maksud agar dapat memahami dan mampu melaksanakan tugas dan fungsinya terkait dengan Peraturan Bersama Menteri Keuangan dan Menteri Pertahanan tentang Mekanisme Pelaksanaan Anggaran Belanja Negara di Lingkungan Kementerian Pertahanan dan TNI. Penerapan transparansi dan akuntabilitas belanja pemerintah diwujudkan dengan pelaporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi pemerintah. Penerapan transparansi dan akuntabilitas tersebut tetap memperhatikan prinsip-prinsip karakteristik organisasi pada Kemhan dan TNI yang memisahkan pengelolaan organisasi pengelola keuangan dan organisasi operasional TNI Selain itu juga memperhatikan kecepatan pelaksanaan perintah dan jalur komando untuk operasi militer dan keperluan khusus TNI lainnya.

Selanjutnya Pangdam II/Sriwijaya mengatakan bahwa sosialisasi ini merupakan langkah awal yang positif dalam upaya mewujudkan transparansi dan akuntabilitas penggunaan anggaran. Untuk itu para peserta sosialisasi harus dapat memanfaatkan waktu yang dialokasikan dengan sebaik-baiknya, agar dapat tercapai hasil yang optimal. Pahami aturan-aturan dan ketentuan yang dapat dijadikan referensi dalam pengelolaan anggaran agar terhindar dari kesalahan dan kerugian, tanyakan kepada Tim Sosialisasi apabila ada materi yang belum jelas, sehingga diperoleh kejelasan tentang materi yang disampaikan dan dapat dimengerti serta dipahami untuk dijadikan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas, sehingga nantinya peserta diharapkan akan dapat melaksanakan tugas dengan optimal sesuai mekanisme dan sistem administrasi yang berlaku, sehingga transparansi dan akuntabilitas penggunaan anggaran akan terwujud.

Kepada seluruh peserta Pangdam II/Sriwijaya mengucapkan Selamat mengikuti sosialisasi ini, mudah-mudahan kegiatan ini dapat berjalan dengan tertib dan lancar sesuai jadwal yang telah diprogramkan.

Demikian Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Nugroho Widyotomo dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asrendam II/Sriwijaya Kolonel Inf Widhyat pada acara Sosialisasi Peraturan Bersama Menteri Keuangan dan Menteri Pertahanan tentang Mekanisme Pelaksanaan Anggaran Belanja Negara di Lingkungan Kementerian Pertahanan dan TNI, bertempat di Aula A.H. Nasution Makodam II/Sriwijaya.

Hadir pada acara tersebut, Ketua Tim Sosialisasi  beserta rombongan, pejabat teras Kodam II/Sriwijaya, Dan/Ka Balakdam II/Sriwijaya.

Baca "Internal" Lainnya

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

Panglima TNI Jendral Moeldoko

Pengumuman

Selasa, 5 Februari 2013
Lambang Mabes TNI Yang Baru
Kamis, 31 Mei 2012
Call Center

Polling

Informasi apa yang paling Anda butuhkan dari website ini ?

 
AGENDA KEGIATAN
pendidikan
patriot
download
download
download
persyaratan
beasiswa
PSDP
LPSE
pendidikan

Video TNI