Pengukuhan Korps Infanteri Oleh Danrindam Iskandar Muda
Senin, 15 Juli 2013 13:18:40 - Oleh : admin - Dibaca : 1120
Home » Internal » Pengukuhan Korps Infanteri Oleh Danrindam Iskandar Muda
Pengukuhan Korps Infanteri Oleh Danrindam Iskandar Muda

KODAM ISKANDAR MUDA (15/7),- Danrindam Iskandar Muda Kolonel Inf Harianto memimpin langsung penutupan latihan Yudha Wastu Pramuka dan tradisi pengukuhan sebagai warga Korps Infanteri siswa Dikmaba dan Dikmata Infanteri TA. 2012, dengan jumlah 223 orang  prajurit yang terdiri dari Bintara 70 orang dan Tamtama 153 orang di Pantai Ujong Batee, Sabtu (13/6).

 Danrindam Iskandar Muda menyampaikan, latihan yang sudah dilaksanakan oleh siswa Dikmaba dan Dikmata Infanteri selama 23 hari dimulai pada tanggal 20 Juni s.d 13 Juli 2013 dimulai dari daerah latihan Pusdiklatpur Rindam Iskandar Muda (TIRO) dan berakhir di Pantai Ujung Batee Banda Aceh diisi dengan materi-materi Latihan Pertempuran Hutan Gunung, Pertempuran Jarak Jauh (Long Mars sejauh 170 Kmdengan jalan kaki) dan ditutup dengan latihan Rawa Laut dan serangan pantai.

Pembaretan dan penyematan Brevet kualifikasi "Yuddha Wastu Pramukha" merupakan suatu pengakuan dan penghargaan bagi Prajurit Infanteri. Para Bintara dan Tamtama pantas merasa bangga dan terhormat terpilih sebagai warga Korps Infanteri, suatu Korps yang berpredikat sebagai Penjuru dan Pilar TNI AD. Sedangkan seloka "Yuddha Wastu Pramukha" mengandung arti sebagai pelaksana pertempuran terdepan, yang merupakan penentu kemenangan dalam suatu pertempuran. Sejarah perjuangan Bangsa telah membuktikan bahwa Yuddha Wastu Pramukha yang terpatri dalam jiwa para prajurit Infanteri di bawah kepemimpinan Jenderal Soedirman berhasil mempertahankan eksistensi NKRI.  Oleh sebab itu pertahankan dan pelihara semangat Yuddha Wastu Pramukha ini dalam pengabdian kalian pada Nusa dan Bangsa.

Selanjutnya para prajurit-prajurit Infanteri tersebut akan masuk ke Kesatuan Infanteri diseluruh Negara Kesatuan Republik Indonesia sesuai surat perintah yang mereka terima masing-masing. Dari sinilah kemudian pengabdian mereka dilanjutkan untuk menegakkan kedaulatan NKRI, menjaga keutuhan wilayah Indonesia dan melindungi segenap tumpah darah Indonesia dari segala bentuk ancaman apapun yang dihadapi para prajurit.

 Penutupan latihan Yudha Wastu Pramuka dan tradisi pengukuhan dihadiri para undangan dari Kodam Iskandar Muda diwakili oleh Aspers Kasdam Iskandar Muda dan unsur Pemerintah Daerah setempat, para orang tua dari prajurit yang sedang dilantik juga turut hadir mengikuti prosesi  upacara Tradisi  Korp Infanteri tersebut. 

Setelah upacara penutupan latihan selesai, dilanjutkan pemasangan Baret Hijau Infanteri yang dilakukan oleh Danrindam Iskandar Muda dan diikuti oleh seluruh orang tua yang hadir kepada Prajurit Infanteri yang telah dikukuhkan menjadi warga Korp Infanteri.

Baca "Internal" Lainnya

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

Panglima TNI Jendral Moeldoko

Pengumuman

Polling

Informasi apa yang paling Anda butuhkan dari website ini ?

 
AGENDA KEGIATAN
pendidikan
patriot
download
download
download
persyaratan
beasiswa
PSDP
LPSE
pendidikan

Video TNI