Danrindam Tutup Latihan Yudha Wastu Pramuka Sesarcab Infanteri TA. 2013
Selasa, 16 Juli 2013 10:58:34 - Oleh : admin - Dibaca : 448
Home » Internal » Danrindam Tutup Latihan Yudha Wastu Pramuka Sesarcab Infanteri TA. 2013
Danrindam Tutup Latihan Yudha Wastu Pramuka Sesarcab Infanteri TA. 2013

KODAM XVI/PATTIMURA (16/7),- Latihan Yudha Wastu Pramuka (YWP) Sekolah Dasar Kecabangan Infanteri TA. 2013 pada Sabtu (14/07), secara resmi ditutup dalam suatu upacara dengan Inspektur Upacara (Irup) Komandan Resimen Induk Kodam XVI/Pattimura Kolonel Inf M Nur Rahmad. Acara pembaretan tersebut dilaksanakan di sepanjang pesisir Pantai Talaga, Desa Waesamu, Kecamatan Kairatu Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) yang diikuti seluruh serdik Dikmaba Tahap II Kecabangan Infanteri 56 orang dan Serdik Dikmata Tahap II 220 orang.

Selama menjalani pendidikan kecabangan Infanteri, para prajurit telah dilatih/ditempa dengan latihan rawa laut sungai dan pantai guna diharapkan dapat menjadi prajurit yang tangguh, terampil dan pantang menyerah. Prajurit Infanteri sebagai pasukan tempur terdepan harus mempunyai kemampuan jelajah tinggi, baik bertempur jarak dekat dalam operasi di hutan, gunung, rawa, laut, sungai maupun pantai. Sebagai pasukan yang bertempur di garis terdepan, prajurit Infanteri harus membekali diri secara baik menghadapi tantangan di medan pertempuran. Dalam latihan Yudha Wastu Pramuka, para siswa Bintara maupun Tamtama telah mengikutinya secara sungguh-sungguh dan penuh semangat. Para siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan dasar prajurit Infanteri, terutama dalam meningkatkan ketahanan fisik, semangat juang, jiwa korsa dan kebanggaan sebagai prajurit Infanteri yang dapat diandalkan menghadapi medan pertempuran. Sasaran yang ingin dicapai adalah terwujudnya kemantapan profesionalisme prajurit Infanteri dan siap menghadapi setiap bentuk medan dan kondisi cuaca daerah pertempuran.  

Selanjutnya tradisi pembaretan yang dilaksanakan ini bertujuan untuk menanamkan jiwa korsa (esprit de corps), soliditas dan semangat pengabdian. Selain itu juga untuk menanamkan kebanggaan kepada para siswa tentang tugas dan pengabdian Korps Infanteri, melestarikan nilai-nilai tradisi kecabangan Infanteri serta memberikan makna kekeluargaan yang mendalam, karena melalui acara pembaretan ini maka para Bintara/Tamtama siswa telah diterima secara resmi menjadi warga Korps Infanteri dan berhak mengenakan baret hijau Infanteri bila bertugas di Satuan-satuan Infanteri. Momen ini merupakan awal dari pengabdian yang panjang serta akan dihadapkan dengan tugas-tugas yang cukup berat dengan segala tantangannya. Prajurit Infanteri mempunyai konsekwensi yang harus diwujudkan dalam sikap, ucapan, perbuatan dan tanggung jawab. 

Hadir dalam acara pembaretan tersebut antara lain Wadandodiklatpur, Wakapolres, Pejabat Pemda setempat dan para orang tua siswa baik Bintara maupun Tamtama serta warga masyarakat sekitar.

 

 

Baca "Internal" Lainnya

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

Panglima TNI Jendral Moeldoko

Pengumuman

Selasa, 9 September 2014
Rangkaian Kegiatan HUT ke-69 TNI Tahun 2014
Selasa, 9 September 2014
Tema dan Logo HUT ke-69 TNI Tahun 2014
Selasa, 5 Februari 2013
Lambang Mabes TNI Yang Baru
Kamis, 31 Mei 2012
Call Center

Polling

Informasi apa yang paling Anda butuhkan dari website ini ?

 
AGENDA KEGIATAN
pendidikan
patriot
download
download
download
persyaratan
beasiswa
PSDP
LPSE
pendidikan
innovasipanglimatni

Video TNI