Kesenian Tari dan Beladiri Turut Meriahkan Medal Parade 2013
Senin, 2 September 2013 09:24:56 - Oleh : admin - Dibaca : 713
Home » Internasional » Kesenian Tari dan Beladiri Turut Meriahkan Medal Parade 2013
Kesenian Tari dan Beladiri Turut Meriahkan Medal Parade 2013

PUSPEN TNI (2/9),- Prajurit TNI yang tergabung dalam Kontingen Garuda XXIII-G/UNIFIL di Lebanon Selatan selain  bertugas sebagai peacekeeper (penjaga perdamaian) juga bertindak sebagai Duta Budaya dalam mempopulerkan kesenian daerah seperti Reog Ponorogo, Tari Kecak, Wira Pertiwi, Kuda Lumping, Remo, Ganongan. Demonstrasi yang digelar di Lapangan Soekarno, UN POSN 7-1, Adshit Al Qusayr - Lebanon Selatan, Jumat (30/8), adalah dalam rangka rangkaian acara Indonesian Medal Parade 2013, dimana prajurit TNI  telah  dianugerahkan medali dari PBB dalam suatu upacara militer dan disematkan langsung oleh Deputy Force Commander Brigadir Jenderal Phatric Phelan.

Kolaborasi seni tari tersebut dimaksudkan untuk menambah kolosalnya peragaan dihadapan para tamu dan undangan yang berasal dari berbagai Kontingen Negara dengan tetap tidak merubah cerita dan keaslian Tari Kecak itu sendiri.

Meskipun disajikan secara singkat, prajurit-prajurit TNI tetap dapat memperagakan tokoh-tokoh utama dalam sendratari Ramayana tersebut dengan apik, seperti Rama, Shinta, Rahwana dan Hanoman. Demikian halnya dengan Reog Ponorogo yang disertai dengan tampilan para Warok, semakin menambah semarak acara tersebut. Apalagi yel-yel dari Kecak itu sendiri yang dilontarkan ketika mereka meninggalkan lapangan dengan teriakan "homesick-homesick" semakin menambah semangat para prajurit TNI dalam mengisi dan menghibur undangan saat itu.

Selain Reog Ponorogo dan Tari Kecak, Satgas TNI juga menampilkan peragaan Bela Diri Militer yang dibawakan oleh gabungan anggota satgas Indobatt XXIII-G/UNIFIL dan perwakilan dari SEMPU.  Mereka memperagakan gerakan dasar perorangan hingga tingkat beregu dan diakhiri demonstrasi pemecahan batu dan besi baja. Meskipun menampilkan peragaan  beladiri, namun tampilan anggota Konga ini lebih menonjolkan seni beladiri yang indah karena diiringi musik yang histeris dan mencekam yang semakin memancing decak kagum para penonton.

Komandan Satgas Indobatt XXIII-G/UNIFIL, Letkol Inf Lucky Avianto yang turut mendampingi undangan yang hadir saat itu menjelaskan bahwa sajian yang ditampilkan tersebut sengaja di usung oleh kontingennya selain untuk menghibur sekaligus mengenalkan budaya Indonesia juga sering ditampilkan juga dalam menyambut para pejabat yang pernah berkunjung ke Indobatt serta di perkenalkan juga di lingkungan masyarakat Lebanon Selatan yang menjadi binaan Indobatt itu sendiri dan kesemuanya itu tidak lain untuk mengenalkan Indonesia di mata Internasional dan keberadaan Indobatt itu sendiri.

Turut menyaksikan acara tersebut; Dubes RI untuk Lebanon Bapak Dimas Samodra Rum, MBA, Athan RI untuk Timur Tengah Kolonel Mar Ipung Purwadi, para Komandan Satgas baik itu yang berada di wilayah Sektor Timur maupun Sektor Barat, para Pejabat Teras dari Lingkungan Sektor Timur dan HQ-UNIFIL Naqura, para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta pejabat Militer LAF.

 

Baca "Internasional" Lainnya

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

Panglima TNI Jendral Moeldoko

Pengumuman

Selasa, 5 Februari 2013
Lambang Mabes TNI Yang Baru
Kamis, 31 Mei 2012
Call Center

Polling

Informasi apa yang paling Anda butuhkan dari website ini ?

 
AGENDA KEGIATAN
patriot
download
download
download
persyaratan
beasiswa
PSDP
LPSE
pendidikan

Video TNI