HUT TNI AL
Rabu, 11 September 2013 11:17:54 - Oleh : admin - Dibaca : 768
Home » Upacara dan Tradisi TNI » HUT TNI AL
HUT TNI AL

AKADEMI ANGKATAN LAUT (11/9),- "Peringatan HUT TNI AL kali ini merupakan momentum penting untuk perenungan dan refleksi diri terhadap perjalanan sejarah dan langkah panjang yang telah kita lalui dan sekaligus sebagai introspeksi diri terhadap apa yang sudah dan sedang kita laksanakan dalam berbagai program yang telah direncanakan untuk menuju masa depan TNI AL kearah yang lebih baik" demikian penggalan sambutan Kasal Laksamana TNI Dr. Marsetio yang dibacakan Wakil Gubernur AAL Laksma TNI A. Taufiqoerrahman, SE, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam peringatan HUT TNI AL ke-68, di lapangan Arafuru, Mako AAL, Surabaya, Selasa pagi (10/9).

Dalam upacara yang dipimpin komandan upacara Mayor Laut (S) Heru Sancoko, S.Pd yang sehari-hari menjabat Kasiada Matbek AAL,  seluruh pejabat baik Seklem, para direktur, komandan resimen taruna, para kepala departemen korps dan prajurit AAL hadir memenuhi lapangan Arafuru. Selain itu pula para taruna baik Tingkat II hingga IV juga turut meramaikan upacara yang berlangsung sangat khidmat.  

Lebih lanjut dikatakan, kemajuan perekonomian negara yang terus berkembang, kebijakan negara yang berkelanjutan (Sustainable Policy) dan model perencanaan jangka panjang (Long Term Planning), merupakan keyword yang menjadi pegangan TNI AL dalam membangun kekuatan dan kemampuannya saat ini. "Tidaklah berlebihan apabila saat ini TNI AL sedang bergerak menuju Angkatan Laut kelas dunia (World Class Navy)" ujar mantan Komandan Operasi pembebasan sandera kapal MV Sinar Kudus di Somalia ini.

Secara jelas, Laksamana Pertama TNI A. Taufiqoerrahman, SE, menyampaikan amanat Kasal bahwa World Class Navy dapat dipandang sebagai karakter Angkatan Laut milik bangsa yang bervisi maritim dalam pembangunan nasionalnya. Pemahaman World Class Navy merupakan kemampuan Angkatan Laut yang selalu memenuhi tanggung jawab dibidang pertahanan lingkup nasional dan berpartisipasi dalam kancah regional maupun internasional.

Oleh karena itulah TNI AL dituntut untuk selalu hadir dalam rangka mengamankan wilayah kedaulatan NKRI di laut dan berperan serta dalam agenda internasional diantaranya terlibat aktif misi perdamaian PBB, latihan bersama di berbagai negara dan pelayaran muhibah berkeliling dunia sebagai misi diplomasi. "Selain tanggung jawab nasional, TNI AL juga dituntut aktif dalam misi perdamaian PBB serta misi diplomasi dengan negara-negara lain" tegas Wagub AAL saat mengakhiri amanat Kasal.

Baca "Upacara dan Tradisi TNI" Lainnya

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

Panglima TNI Jendral Moeldoko

Pengumuman

Polling

Informasi apa yang paling Anda butuhkan dari website ini ?

 
AGENDA KEGIATAN
pendidikan
patriot
download
download
download
persyaratan
beasiswa
PSDP
LPSE
pendidikan

Video TNI