Rakornis Infolahta : Teknologi Informasi Dukung Tugas Pokok TNI
Rabu, 26 Maret 2014 14:25:18 - Oleh : admin - Dibaca : 289
Home » Internal » Rakornis Infolahta : Teknologi Informasi Dukung Tugas Pokok TNI
Rakornis Infolahta : Teknologi Informasi Dukung Tugas Pokok TNI

PUSPEN TNI (26/3),- Asisten Komunikasi dan Elektronika (Askomlek) Panglima TNI Marsda TNI B. Agus Margono secara resmi membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Informasi dan Pengolahan Data (Infolahta) TNI, di aula Gatot Subroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (26/3). 

Rakornis Infolahta yang mengambil tema, "Kita Tingkatkan Profesionalisme Infolahta TNI Guna Mewujudkan Interoperabilitas Teknologi Informasi Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI", bertujuan  untuk meningkatkan peran dan fungsi Infolahta dalam memberikan dukungan bidang teknologi informasi pada setiap strata organisasi TNI.

Peserta Rakornis Infolahta berjumlah 67 orang, terdiri dari; Mabes TNI 27 orang, TNI AD 19 orang, TNI AL 9 (sembilan) orang, TNI AU 8 (delapan) orang, Kemhan 3 (tiga) orang, dan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) 1 (satu) orang.

Askomlek Panglima TNI dalam sambutannya mengatakan bahwa, melalui Rakornis ini dapat menyatukan visi dan misi, sehingga terjalin suatu sinergitas sesama komunitas teknologi informasi di lingkungan TNI dalam mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi melalui peningkatan sumber daya manusia yang profesional.

"Hal yang perlu diperhatikan adalah upaya meningkatkan profesionalisme di bidang teknologi informasi melalui penataan organisasi, penyiapan sumber daya manusia, penyusunan piranti lunak sebagai pedoman kerja", kata Askomlek Panglima TNI.

Lebih lanjut Marsda TNI B. Agus Margono menekankan, untuk mencapai hal tersebut, maka sumber daya manusia perlu dikelola dan dibina secara terus-menerus. "Hal ini menjadi prioritas mengingat masih sangat terbatasnya personil yang menguasai teknologi informasi", ujarnya.  

"Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan diantaranya tenaga programmer, system analys, teknisi komputer, jaringan komputer, dan sistem pengamanan", tambahnya.

Sementara itu, Kapusinfolahta TNI Marsma TNI Ir. M. Agus Mustofa, M.Sc., menyampaikan bahwa Pusinfolahta TNI telah menggelar fiber optic sebagai backbone untuk jaringan LAN di lingkungan Mabes TNI yang meliputi Link Pusinfolahta TNI ke lingkungan Mabes TNI. "Backbone tersebut, dapat mendukung berbagai aplikasi dan layanan teknologi informasi yang dibutuhkan Mabes TNI saat ini dan mendatang", harapnya.  

Disampaikan pula oleh Kapusinfolahta bahwa pada tahun 2013 Pusinfolahta TNI telah membangun data center Mabes TNI, sebagai tempat penyimpanan server, sistem komputer, dan data didukung dengan system pengamanan secara fisik maupun non fisik.

 

Baca "Internal" Lainnya

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

Panglima TNI Jendral Moeldoko

Pengumuman

Polling

Informasi apa yang paling Anda butuhkan dari website ini ?

 
AGENDA KEGIATAN
pendidikan
patriot
download
download
download
persyaratan
beasiswa
PSDP
LPSE
pendidikan

Video TNI