3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

TNI AL HIBAHKAN PESAWAT NOMAD KE PEMKOT LAMONGAN

Jum`at, 9 Januari 2009 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 973 kali

TNI AL HIBAHKAN PESAWAT NOMAD KE PEMKOT LAMONGAN

ARMATIM (9/1),- TNI Angkatan Laut menghibahkan sebuah pesawat Nomad yang sudah digrounded -tidak digunakan lagi baik dalam tugas operasi maupun latihan kepada masyarakat Lamongan. Pesawat yang terpotong dalam beberapa bagian itu, tiba di Lamongan pada Rabu (7/1) sekitar pukul 17.00 WIB.  

          Potongan pesawat berupa badan, sayap dan beberapa potongan kecil yang diangkut dengan dua unit mobil pengangkut besar itu, kemudian dirakit kembali diatas sebuah landasan. Usai dirakit, pesawat dinaikkan ke landasan monument dengan menggunakan crane.  

          Proses perakitan ini dikerjakan oleh 12 personel Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) yang dipimpin oleh Mayor Laut Teknik Widodo. Sedangkan dari pihak Pemda Lamongan hadir diantaranya Kadinas Sosial dan Tenaga Kerja Sony Harsono dan Kadinas Perhubungan Agus Suyanto.  

          Menurut Mayor Laut Teknik Widodo, TNI AL masih memiliki lima pesawat yang sejenis yang grounded. Salah satunya sudah dipesan Pemkot Batu. Sebelumnya, satu pesawat telah dijadikan monumen di Jombang.

Pesawat jenis jelajah Nomade P.806 N2255 buatan Australia tahun 1974 itu digunakan TNI AL dalam melaksanakan patroli maritime. Panjang pesawat 12,5 meter, lebar 16,46 meter dan berat mencapai 2.676 kilogram. Keberadaan monument pesawat Nomad itu melengkapi Taman Wisata Alun-alun Kota Lamongan.

Dengan pembangunan monument pesawat jenis patroli maritim ini, diharapkan dapat menjaga nilai-nilai histories Pesawat Nomad selama  mengemban tugas di jajaran Penerbangan Angkatan Laut.

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 3 September 2021
Panglima TNI Raker di Komisi I DPR RI
Jum`at, 23 Juli 2021
Panglima TNI Serahkan Bantuan Tabung Oksigen dan Alkes kepada Masyarakat Papua
Selasa, 8 Juni 2021
Pekuat Pelaksanaan PPKM Berskala Mikro di Daerah, Tim Gabungan TNI dan Polri Dilibatkan
Kamis, 27 Mei 2021
Panglima TNI dan Kapolri Kembali Kunjungi Papua
Selasa, 27 April 2021
Panglima TNI Sambut Kedatangan Jenazah Kabinda Papua di Bandara