3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

MALAM RAMAH TAMAH MAYJEN TNI TONO SURATMAN DI SAMARINDA

Selasa, 13 April 2010 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 1147 kali

MALAM RAMAH TAMAH MAYJEN TNI TONO SURATMAN DI SAMARINDA

KODAM VI/TPR (13/4),- Serah Terima Jabatan (Sertijab) Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) VI/Tanjungpura dari Mayjen TNI Tono Suratman kepada Brigjen TNI Tan Aspan yang digelar di halaman Makodam VI/Tpr Balikpapan pada Rabu (7/4) lalu, dilanjutkan dengan digelarnya serangkaian acara di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur Samarinda yang diawali dengan Farewell Golf di lapangan Golf Tanah Merah Samarinda Utara pada hari Sabtu (10/04).

Turut ambil bagian pada kegiatan tersebut Gubernur Kaltim H. Awang Farouk Ishak dan beberapa pejabat Provinsi dan Kabupaten/Kota lainnya seperti Bupati Malinau DR. Marthin Billa, Mayjen TNI Tono Suratman, Pangdam VI/Tpr yang baru Brigjen TNI Tan Aspan, Danrem 091/ASN Kolonel Inf Musa Bangun, para Komandan Kodim jajaran Korem 091/ASN serta tak ketinggalan sejumlah pegolf andalan Kaltim juga turut memeriahkan farewell golf tersebut.

Berlanjut pada kegiatan malam harinya, bertempat di Ball Room Hotel Bumi Senyiur Samarinda digelar acara Malam Pisah Sambut Pangdam VI/Tanjungpura dari Mayjen TNI Tono Suratman kepada Brigjen TNI Tan Aspan. Sebagai tuan rumah sekaligus penyelenggara acara, Gubernur Kaltim H. Awang Farouk Ishak beserta Isteri menjadi pusat perhatian undangan yang hadir.

Sedangkan tamu undangan lainnya yang hadir pada malam itu terdiri dari berbagai kalangan seperti Forum Koordinasi Pimpinan Daerah/Instansi Vertikal serta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se Kaltim, para Kepala Daerah, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh masyarakat, para ketua Ormas, para Pengusaha dan Tokoh Pers serta sejumlah Perwira jajaran Korem 091/ASN.

Tepat pukul 20.15 wita, acara dibuka oleh protokol dilanjutkan dengan pembacaan do’a oleh Drs. H. Sukiman disusul dengan acara santap malam yang diselingi dengan alunan lagu-lagu dari penyanyi organ tunggal. Memasuki ke acara pokok yang diawali penyampaian pesan dan kesan oleh Mayjen TNI Tono Suratman dengan didampingi oleh istri tercinta Ny. Lia Tono Suratman.

Kesan selama bertugas di Kalimantan kurang lebih 2 tahun 3 bulan yang disampaikan oleh Jenderal berbintang dua kelahiran Ujung Pandang 16 September 1952 ini, beliau merasa sangat bersyukur karena masyarakat Kalimantan dengan penduduk yang sangat hiterogen dan terdiri dari berbagai etnis namun sudah tidak terjadi lagi bentrok antar masyarakat. Beliau juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua unsur, mulai dari aparat pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat serta para pengusaha maupun seluruh masyarakat Kalimantan yang selama ini selalu bekerjasama dalam membantu tugas-tugas aparat keamanan khususnya Kodam VI/Tanjungpura.

“Hanya satu pesan saya, yaitu Jatidiri Bangsa perlu terus kita tingkatkan melalui Kepramukaan yang saat ini sudah mulai luntur” ungkap Jenderal lulusan AKABRI bagian Darat Kecabangan Infanteri tahun 1975 ini.

Selanjutnya Ny. Lia Tono Suratman juga tak mau ketinggalan ingin menyampaikan pesan dan kesannya selama mendampingi suami tercinta saat bertugas di Bumi Kalimantan, beliau menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Ketua Tim Penggerak PKK baik tingkat Provinsi maupun ditingkat Kabupaten/Kota se Kalimantan yang telah banyak bekerjasama dan membantu kegiatan ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana ataupun Dharma Pertiwi yang dikelola oleh Yayasan Kartika Jaya terutama bantuan dibidang Pendidikan, Pos KB dan Kesehatan yang berada di wilayah jajaran Kodam VI/Tanjungpura. “Saya sangat berharap dan memohon kepada Bapak Gubernur dan para Bupati/Walikota, bantuan tersebut dapat tetap dianggarkan dalam APBD” ungkap Ibu yang akrab disapa Bu Tono ini.

Kemudian tiba giliran pejabat Pangdam VI/Tanjungpura yang baru Brigjen TNI Tan Aspan juga didampingi istri tercinta Ny. Wati Tan Aspan menyampaikan pesan dan kesannya. Mengawali kesannya, terlebih dahulu beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur Kaltim atas terselenggaranya acara Lepas Sambut yang cukup meriah di Hotel Bumi Senyiur ini.

Putra asli Kalimantan kelahiran Kota Sambas Kalimantan Barat tanggal 27 Juli 1954 ini selanjutnya memperkenalkan diri termasuk memperkenalkan istri tercinta Ny. Wati Andrini yang kelahiran Solo, kemudian secara singkat bercerita tentang perjalanan kariernya selama berdinas di militer sejak lulus dari AKABRI Darat tahun 1976 yang lalu mulai dari tugas di Papua selama 10 tahun baru kemudian pindah ke Brigif 6 Kostrad, pindah lagi ke Kalimantan Selatan sebagai Dan Yonif 623/Manuntung lalu bergeser lagi ke Samarinda sebagai Kasi Intel Korem 091/ASN, selanjutnya kembali lagi ke Jakarta berdinas di Spamad, kemudian berturut-turut menjabat Asintel di Kostrad lalu Asintel di Kodam Wirabuana, Danrem di Kendari, kemudian pindah lagi ke Staf Menkopolkam hingga akhirnya kembali lagi ke Kalimantan sebagai Kasdam VI/Tanjungpura.

Usai penyampaian pesan dan kesan, acara Lepas Sambut malam itu juga diselingi dengan penyerahan hadiah farewell golf oleh Gubernur Kaltim yang diterima oleh Pangdam VI/Tpr Brigjen TNI Tan Aspan sebagai pemenang dengan meraih Best Net I Handycap 24 Net 65, kemudian untuk juara 2 diraih oleh Bp. Jefri Insani yang pengambilan hadiahnya diwakili oleh Kasrem 091/ASN Letkol Inf Andi Muhammad, sedangkan Mayjen TNI Tono Suratman berhasil menjadi pemenang ketiga dengan Best Net III Handycap 18 Net 68.

Usai pemberian cenderamata oleh para pejabat dan undangan kepada Mayjen TNI Tono Suratman, Gubernur Kaltim H. Awang Farouk Ishak memberikan sambutannya yang menyatakan bahwa 4 Gubernur di Kalimantan sedang berjuang untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di wilayah Kalimantan ini, tentunya pembangunan yang diperjuangkan ini tidak akan berhasil tanpa adanya dukungan security dari aparat keamanan khususnya aparat Kodam VI/Tanjungpura.

Lebih jauh Gubernur menyampaikan ucapan terimakasih dan rasa hormat kepada Mayjen TNI Tono Suratman atas kepemimpinannya selama menjabat Pangdam VI/Tanjungpura, dimana kondisi wilayah Kalimantan benar-benar kondusif. “Saya sangat salut kepada beliau waktu saya SMS jam 4 pagi, beliau langsung membalas, saya kira jarang ada pejabat yang bisa begitu” ungkap Awang Farouk yang disambut tepuk tangan hadirin.

Gubernur juga merasa sangat bahagia dengan dilantiknya Brigjen TNI Tan Aspan sebagai Pangdam VI/Tanjungpuira, karena merupakan orang ketiga asli Kalimantan yang menjabat Panglima setelah Jenderal TNI Rusmadi Sidik dan Jenderal TNI ZA Maulani.  Dipenghujung sambutannya Gubernur mengatakan “setiap mendengar lagu Juwita Malam saya pasti ingat Pak Tono, untuk itu saya mohon kepada beliau untuk menyanyikannya”, yang langsung direspon oleh mantan Pangdam VI/Tanjungpura dengan menggandeng isteri tercinta kembali naik panggung untuk melantunkan lagu permintaan bapak Gubernur, kemudian disusul secara bergantian mulai dari Ny. Lia Tono Suratman yang minta didampingi mantan anak buahnya dari ibu-ibu Persit Pengurus Daerah, kemudian disusul  Pangdam VI/Tanjungpura Brigjen TNI Tan Aspan dan beberapa pejabat dan undangan lainya.

Acara diakhiri dengan ramah tamah dan ucapan selamat kepada Pangdam VI/Tanjungpura dan Mayjen TNI Tono Suratman.

Smiley face
 
Panglima TNI bertekad membangun prajurit yang profesional, disiplin, militan dan rendah hati
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 3 September 2021
Panglima TNI Raker di Komisi I DPR RI
Jum`at, 23 Juli 2021
Panglima TNI Serahkan Bantuan Tabung Oksigen dan Alkes kepada Masyarakat Papua
Selasa, 8 Juni 2021
Pekuat Pelaksanaan PPKM Berskala Mikro di Daerah, Tim Gabungan TNI dan Polri Dilibatkan
Kamis, 27 Mei 2021
Panglima TNI dan Kapolri Kembali Kunjungi Papua
Selasa, 27 April 2021
Panglima TNI Sambut Kedatangan Jenazah Kabinda Papua di Bandara