3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

DENKESYAH 042 DIKENAL DENGAN RUMAH SAKIT Dr. BRATANATA JAMBI

Rabu, 12 Mei 2010 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 6033 kali

DENKESYAH 042 DIKENAL DENGAN RUMAH SAKIT Dr. BRATANATA JAMBI

KODAM II/SWJ (12/5),- Denkesyah 042 Korem 042/Garuda Putih Kodam II/Swj diakalangan masyarakat Jambi lebih dikenal dengan Rumah Sakit Dr. Bratanata Unang Jambi selalu meningkatkan mutu pelayanan kesehatan terhadap para pasien yang berobat di tempat ini. Nama rumah sakit Dr. Bratanata Unang diambil dari nama seorang yang pernah memimpin dan membesarkan nama Rumah Sakit/Satuan Denkesyah 042.

Sedikit kilas balik tentang Rumah Sakit Dr. Bratanata Unang.  Rumah Sakit Dr. Bratanata Unang bermula dari terbentuknya DKT Jambi (Djawatan Kesehatan Tentara Jambi) pada Tahun 1945 yang dipimpin oleh Lettu Asnawi. Sejalan bergulirnya waktu, maka pada tahun  1950 DKT Jambi terjadi pergantian pimpinan dari Lettu Asnawi kepada Lettu Akadir Surohusoso sampai tahun 1960. Selanjutnya dengan berjalannya waktu dan dinamika organisasi maka terjadilah beberapa kali pergantian kepemimpinan, begitu juga dengan nama DKT Jambi  pada tanggal 26 April 1979 berubah menjadi Rumkit IV/421 dan yang diberi kepercayaan untuk memimpin saat itu adalah Lettu Dr Bratanata Unang. Pada masa kepemimpinan Lettu Dr. Bratanata Unang, Rumkit IV/421 maju dengan pesat. Kemudian pada tanggal 18 November 1987 Rumkit IV/421 berubah nama lagi menjadi Denkesyah 042.

Dalam menghadapi persaingan di era globalisasi, para pengelola fasilitas pelayanan kesehatan di lingkungan TNI AD dituntut untuk meningkatkan mutu pelayanan  khususnya terhadap prajurit TNI beserta keluarganya. Peningkatan mutu pelayanan kesehatan memerlukan perbaikan pengelolaan semua sumber daya kesehatan termasuk layanan pengujian dan kalibrasi sarana, prasarana dan peralatan, karena semua itu merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan.

Demikian pula terhadap Rumah Sakit Dr. Bratanata (Denkesyah 042) yang ada di Jambi ini, rumah sakit ini telah menunjukkan kemampuannya dalam menangani masalah kesehatan baik terhadap anggota TNI beserta keluarganya maupun terhadap masyarakat. Rumah sakit yang notabene Rumah Sakit Tingkat IV ini, mempunyai kemampuan yang membanggakan, karena  dalam pelayanan terhadap para pasiennya didukung dengan sarana dan prasarana serta fasilitas yang cukup lengkap dan sangat bagus seperti Paviliun Wira Sakti, Cempaka Pama, Zaal Bintara dan Zaal Tamtama, Poliklinik, ruang UGD, ruang Operasi, Treadmil, alat untuk cuci darah dan alat Scan, didukung dengan tata  ruang  tiap-tiap bagian Poliklinik yang sangat teratur dan bersih yang mencerminkan kedisiplinan para personelnya. Dengan demikian dapat memberikan kenyamanan tersendiri terhadap para pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan di rumah sakit ini.

Smiley face
 
Panglima TNI bertekad membangun prajurit yang profesional, disiplin, militan dan rendah hati
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 3 September 2021
Panglima TNI Raker di Komisi I DPR RI
Jum`at, 23 Juli 2021
Panglima TNI Serahkan Bantuan Tabung Oksigen dan Alkes kepada Masyarakat Papua
Selasa, 8 Juni 2021
Pekuat Pelaksanaan PPKM Berskala Mikro di Daerah, Tim Gabungan TNI dan Polri Dilibatkan
Kamis, 27 Mei 2021
Panglima TNI dan Kapolri Kembali Kunjungi Papua
Selasa, 27 April 2021
Panglima TNI Sambut Kedatangan Jenazah Kabinda Papua di Bandara