3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Asops Panglima TNI Tinjau Kesiapan Satgas Ops Pamtas Darat RI-Malaysia di Wilayah Kalimantan Barat

Jum`at, 22 November 2013 14:59:13 - Oleh : admin - Dibaca : 1790 kali

KODAM II/SRIWIJAYA (22/11),- Asops Panglima TNI Mayjen TNI Ridwan bersama rombongan yaitu Brigjen TNI Ir. Mulyanto (DansatKomlek), Kolonel Laut Haesy (Pabandya 2 Slog TNI), Kolonel Ckm Dr. Ahmad Yurianto (Puskes TNI), Kolonel Inf Bambang Busono (Pabandya 2 Sopsad), Kolonel Ahmad Supriadi (Pabandya 4 Sops TNI), Letkol Cba Siswo (Babek TNI), meninjau dan memberikan pengarahan kesiapan Satgas Yonif 143/TWEJ Pamtas RI-Malaysia Kalimantan Barat, bertempat di Batalyon 143/TWEJ Natar Lampung, Kamis (21/11).

Dalam pengarahannya kepada para Prajurit  Satgas Yonif 143/TWEJ Pamtas RI-Malaysia Kalimantan Barat, Asops Panglima TNI Mayjen TNI Ridwan  mengatakan, berpendapat pasukan ini sudah sangat siap, baik dari kesiapan personil, materi latihan maupun aspek-aspek dalam latihan. Pasukan ini nantinya akan menempati 36 pos-pos perbatasan, dimana setiap pos berjarak sekitar 15 Km akan ditempati dengan 15 orang anggota setiap pos.

Lebih lanjut Asops Panglima TNI Mayjen TNI Ridwan berharap agar Prajurit  Satgas Yonif 143/TWEJ Pamtas RI-Malaysia ini, dapat melaksanakan tugas dengan baik, seperti yang telah dicapai oleh Satgas Yonif 141/AYJP yang telah berhasil menangkap para penyelundup sabu-sabu sehingga para prajurit 141/AYJP tersebut diberikan penghargaan dengan kenaikan pangkat luar biasa, untuk itu Prajurit  Satgas Yonif 143/TWEJ Pamtas RI-Malaysia ini diharapkan dapat menjaga nama baik satuannya serta berprestasi lebih baik lagi dari yang sebelumnya, ujarnya.

 Latihan yang telah dilakukan selama ini,  merupakan upaya  pimpinan untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapan prajurit yang tergabung dalam Satgas Yonif 143/TWEJ dengan membekali pengetahuan dan keterampilan yang disesuaikan dengan medan dan tugas yang akan dihadapi di lapangan atau daerah penugasan. Dalam pelaksanaan latihan tersebut kalian telah dibekali dengan berbagai pengetahuan adat istiadat penduduk setempat, perkembangan situasi terakhir perbatasan Kalimantan Timur, Hukum Humaniter, HAM, pelaksanaan Binter terbatas, pengetahuan prosedur pengamanan perbatasan sesuai dengan ketentuan Internasional, pengetahuan tentang berbagai jenis patok perbatasan dan prosedur pelaporan serta tindakan yang diambil terkait temuan di lapangan. 

Selain materi-materi kemiliteran, para prajurit juga menerima pembekalan dari instansi  terkait meliputi, materi hukum, keimigrasian, Bea Cukai, Kepolisian dan materi teritorial diantaranya, antropologi, sosiologi masyarakat setempat, pengetahuan agama dan pengetahuan tentang tokoh dan bahasa daerah. Mempelajari berbagai studi kasus  tentang penanganan aksi pembalakan liar, penyelundupan barang terlarang, TKI illegal dan Human  Traficing  di  wilayah  Kalimantan  Barat. Kalian juga dibekali dengan keterampilan teknik dan taktik Navigasi darat khususnya membaca peta dan penggunaan GPS, teknik berkoordinasi dengan instansi terkait dalam menangani berbagai masalah perbatasan, teknik melaksanakan temu cepat dan lapor cepat,   teknik melaksanakan kegiatan intelijen dan teknik melaksanakan patroli keamanan.

Selain itu, Provinsi  Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Malaysia, masih menghadapi berbagai permasalahan dan ancaman, terutama yang berkenaan dengan masalah penyelundupan dan pelintas batas yang sampai saat ini belum terselesaikan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut pemerintah mengambil langkah diantaranya dengan mengirim pasukan untuk melaksanakan Operasi Pam Perbatasan.

Hadir pada acara tersebut Kasdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Toto S Moerasad, S.Ip., M.M, Kahubdam II/Sriwijaya, Katopdam II/Sriwijaya, Wakapendam II/Sriwijaya, Waasop Kasdam II/Sriwijaya, Waaslog dan Wakabekang, para Dandim, Danyonif 143/TWEJ, para Perwira, Bintara dan Tamtama Satgas Yonif 143/TWEJ.

Smiley face
 
Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Kamis, 4 Maret 2021
Backdrop Rakorter TNI 2021
Rabu, 3 Maret 2021
Rakornispen TNI 2021
Rabu, 3 Februari 2021
Backdrop Rapim TNI-Polri 2021
Selasa, 1 Desember 2020
Baliho Sinergi Untuk Negeri
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Selasa, 27 April 2021
Panglima TNI Sambut Kedatangan Jenazah Kabinda Papua di Bandara
Selasa, 27 April 2021
TNI Sudah Siap Tumpas KKB, Tinggal Tunggu Keputusan Politik
Jum`at, 23 April 2021
Instruksi kepada Tim Pencari KRI Nanggala 402, Panglima TNI: Tabah Sampai Akhir
Jum`at, 26 Februari 2021
Panglima TNI Virtual Call dengan Pangab Diraja Brunei Darussalam
Senin, 22 Februari 2021
Kunjungi Poso, Panglima TNI Dan Kapolri Tinjau Kesiapan Satgas Mandago Raya