3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

SERAH TERIMA TONGKAT KOMANDO YONIF-4 MARINIR

Rabu, 11 Juli 2007 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 951 kali

KORMAR (11/7) - Komandan Brigade Infanteri 2 Marinir Kolonel Marinir Harhar Sucharyana memimpin langsung upacara serah terima jabatan Komandan Batalyon Infanteri 4 Marinir dari Letkol Marinir I Wayan Ariwijaya kepada Letkol Marinir Edi Prakoso di lapangan apel Cilandak, Rabu (11/7).

Dalam acara tersebut turut hadir para mantan Komandan Yonif-4 Marinir baik yang sudah purnawirawan maupun yang masih aktif dinas di lingkungan Korps Marinir dan beberapa perwira staf Pasmar II.

Batalyon Infanteri-4 Marinir merupakan batalyon yang sangat dibanggakan karena di daerah penugasan maupun di basis banyak mencetak prestasi, prajurit Candraca sebutan kental dalam ungkapan kesatuan Yonif-4 Marinir di lingkungan Bumi Marinir Cilandak Jakarta Selatan.

Bahkan sudah tiga Komandan Korps Marinir yang pernah menjabat di kesatuan tersebut diantaranya Mayjen TNI (Mar) Nono Sampono S.Pi., bertugas di Yonif-4 Marinir mulai dari jabatan Dan Ton MO-81 periode 1977, Dan Ton 2 Ki F periode 1978, Dan Ton Markas periode 1979, dan Dan Yonif-4 Marinir periode 1993.

Letkol Mar Edi Prakoso yang sebelumnya menjabat di kesatuan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) kembali dinas di Korps Marinir, dan Letkol Marinir I Wayan Ariwijaya selanjutnya bergeser ke Paspampres.

Pergantian jabatan setingkat Komandan Batalyon di lingkungan Korps Marinir menjadi kebutuhan organisasi karena kedepan kesatuan Marinir berkembang luas baik di wilayah Barat maupun Timur, seperti: Sulawesi, Maluku, NTT-NTB, dan Irian Jaya.

Penempatan satuan Korps Marinir setingkat Pasmar III dengan membawai 3 Brigade infanteri, Resimen Bantuan Tempur, dan beberapa Batalyon Infanteri atau Batalyon Bantuan Tempur berdiri dipulau-pulau diwilayah timur sangat berarti dimana wilayah Timur sebagian besar kepulauan sangat rentan terhadap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Selasa, 18 Februari 2020
Panglima TNI–Kapolri kunjungan ke Timika akan tinjau Mako Gabwilhan
Kamis, 13 Februari 2020
Tinjau Kesiapan Pemprov Cegah Karhutla, Kapolri dan Panglima TNI Besok Kunjungi Riau
Kamis, 16 Januari 2020
Panglima TNI–Kapolri bertolak ke Pulau Morotai tinjau prajurit di perbatasan
Senin, 13 Januari 2020
Panglima TNI Dampingi Presiden Tinjau Helikopter Caracal di Halim Perdanakusuma
Jum`at, 10 Januari 2020
Bertemu Panglima TNI, Menlu membahas evakuasi ratusan WNI dari Iran