3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

SERTIJAB PANGDAM VI/TANJUNGPURA

Kamis, 17 Januari 2008 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 1475 kali

SERTIJAB PANGDAM VI/TANJUNGPURA

PENDAM VI (17/1),- Alih tugas dan serah terima  jabatan Pangdam VI/Tanjungpura dari pejabat lama Mayjen TNI GR Situmeang kepada penggantinya Mayjen TNI Tono Suratman berlangsung di halaman upacara Makodam VI/Tanjungpura Balikpapan dipimpin oleh Kepala Staf  TNI Angkatan Darat Letnan Jenderal TNI Agustadi Sasongko Purnomo, Rabu (16/1).  

          Serah terima jabatan Pangdam VI/Tanjungpura merupakan satu dari sederet  mutasi pucuk pimpinan di lingkungan TNI AD di awal  tahun 2008. Mayjen TNI GR Situmeng selanjutnya akan menduduki jabatan baru sebagai Pangdam IX/Udayana di Bali, sedangkan Mayjen TNI Tono Suratman sebelumnya menjabat Asisten Pengamanan Kasad  di Mabesad  Jakarta.  

          Kasad menegaskan dalam amanatnya, bahwa wilayah  Kodam VI/Tanjungpura yang meliputi  seluruh pulau Kalimantan dan sekitarnya, dengan infrastruktur perhubungan yang masih minim, juga menyimpan sejumlah masalah sekaligus tantangan yang bersentuhan dengan tugas-tugas Angkatan Darat sebagaimana yang diamanatkan undang-undang TNI. Disisi lain wilayah Kodam VI/Tanjungpura berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia juga  menyimpan kekayaan sumber daya alam yang cukup besar. Wilayah ini merupakan salah satu harapan masyarakat dunia untuk menjadi integral paru-paru dunia dengan hutan tropisnya.        

          Lebih lanjut Kasad mengatakan sejalan dengan kondisi wilayah Kodam VI/Tpr saat ini sangat akrab dengan masalah-masalah pelanggaran lintas batas, human trafficking atau perdagangan manusia, Illegal Logging atau penebangan liar, Illegal mining atau penambangan liar, Illegal fishing atau pencurian ikan serta pencurian kekayaan laut lainnya.  

          Pada perjalanan kariernya Mayjen TNI Tono Suratman diawali dengan pangkat Letnan Dua di satuan tempur yakni di Kopassus sampai pangkat Kolonel. Mayjen TNI Tono Suratman adalah lulusan Akademi militer tahun 1975. Setelah menjabat Dangrup 3 Pusdikpasus beliau menjabat Danrem 164/Wd di Timor-Timur yang sekarang menjadi Timur Leste. Pada pangkat Brigjen di tahun 1999 Mayjen TNI Tono Suratman pernah menjabat Wakapuspen TNI.  

          Undangan yang datang pun membanjiri acara serah terima jabatan ini, Kasum TNI yang juga mantan Pangdam sebelumnya yaitu Letjen TNI Erwin Sudjono turut menghadiri pada sertijab ini. Diantara pejabat TNI AD yang ikut dalam rombongan Kasad ini mantan Wakasad letjen TNI Hery Tjahjana, Pangkostrad, para Asisten Kasad. Selain pejabat dari lingkungan TNI hadir pula para pemimpin daerah wilayah Kalimantan Timur serta para tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh-tokoh ormas.

Sementara di Gedung Persit KCK PD VI Tanjungpura berlangsung acara sertijab ketua Persit KCK Daerah VI Tanjungpura dari Ny. Esther Situmeang kepada Ny. Lia Tono Suratman yang disaksikan oleh Ketua Umum Persit KCK Ny. Diana Agustadi SP.

Kegiatan sertijab ini diliput puluhan wartawan daerah maupun nasional baik media cetak maupun elektronik. Pada akhir rangkaian kegiatan serah terima jabatan Pangdam VI/Tpr dilaksanakan kegiatan penanaman pohon secara simbolis oleh Kasad bertempat di Monumen Perjuangan rakyat yang berada di jalan Jenderal Sudirman tepat persis di depan markas Kodam VI/Tpr.

Smiley face
 
Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 3 September 2021
Panglima TNI Raker di Komisi I DPR RI
Jum`at, 23 Juli 2021
Panglima TNI Serahkan Bantuan Tabung Oksigen dan Alkes kepada Masyarakat Papua
Selasa, 8 Juni 2021
Pekuat Pelaksanaan PPKM Berskala Mikro di Daerah, Tim Gabungan TNI dan Polri Dilibatkan
Kamis, 27 Mei 2021
Panglima TNI dan Kapolri Kembali Kunjungi Papua
Selasa, 27 April 2021
Panglima TNI Sambut Kedatangan Jenazah Kabinda Papua di Bandara